10 Manfaat Mengonsumsi Telur

Sehatindo.Co.Id, Gaya Hidup Sehat – Saya termasuk pencinta konsumsi telur, bukan hanya karena rasanya yang enak, tetapi juga karena manfaat mongonsumsi telur telah saya rasakan sejak masa kanak-kanak.  Bahkan, salah satu literatur menyebutkan bahwa telur termasuk “makanan super” karena kandungan nutrisinya yang tinggi, beberapa, bahkan, langka ditemukan pada makanan modern. Selain kandungan nutrisi yang tinggi, telur termasuk jenis makanan yang relatif lebih terjangkau secara harga dibandingkan daging. Setujukah Anda?

Manfaat Mengonsumsi Telur

Lalu apa saja sih manfaat mengonsumsi telur tersebut? Dilansir dari beragam sumber, berikut ini saya bagikan 10 Manfaat Mengonsumsi telur:

1. Telur Sangat Bernutrisi

Kebanyakan kita mungkin sudah mengetahui bahwa telur mengandung protein yang tinggi. Ternyata kandungan nutrisi telur bukan saja kandungan proteinnya. Sebagai “makanan super”, ternyata satu telur  rebus memiliki kandungan ragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B6. Selain itu, telur juga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti fosfor, selenium, kalsium, dan Zinc. Telur juga mengandung omega-3, dan yang mungkin masih jarang terdengar, ternyata, telur juga mengandung kolin, nutrisi yan sangat penting untuk tubuh.

Semua nutrisi tubuh tersebut tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya, protein, yang membantu dalam pembentukan massa otot, pertumbuhan sel, dan membangun sistem kekebalan tubuh. Contoh lainnya, Vitamin E, yang sangat baik sebagai antioksidan dan untuk memelihara kesehatan kulit.

2. Tinggi Kolesterol, Tapi Tidak Merugikan Kolesterol Darah

Memang benar, telur, terutama kuning telur, mengandung kolesterol yang tinggi. Namun, kenyataannya, satu butir telur hanya mengandung 212 mg kolesterol, yang berarti setengah dari rekomendasi harian sebesar 300 mg.

Selain itu, sebagaimana dilansir dari publikasi penelitan di sciencedirect.com, tingkat kolesterol dalam makanan, ternyata,  tidak secara langsung terkorelasi dengan kenaikan kolesterol dalam darah. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa liver dalam tubuh kitalah yang justru memproduksi sejumlah besar kolesterol setiap harinya. Nah, dengan adanya kolesterol dalam makanan yang kita konsumsi, produksi kolesterol oleh liver akan semakin sedikit.

Hanya saja, menurut penelitian lain, tanggapan tubuh saat mengonsumsi telur dapat berbeda dari satu individu ke individu lain. Penelitian tersebut menemukan bahwa 30% dari sample yang mengonsumsi telur, menunjukkan tingkat sensifitas yang tinggi dalam peningkatan total kolesterol dan kolesterol LDL. Pun demikian, bagi mereka yang memiliki kelainan genetik seperti hiperkolesterolemia familial atau varian gen yang disebut ApoE4, sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi telur.

3. Meningkatkan Kolesterol “Baik” (HDL)

HDL merupakan singkatan dari high-density lipoprotein, yang sering dikenal dengan sebutan “kolesterol baik”. Mereka yang memiliki tingkat HDL tinggi, biasanya akan memiliki risiko lebih rendah untuk terserang penyakit jantung, stroke, atau masalah kesehatan lainnya. Nah,  manfaat mengonsumsi telur berikutnya adalah untuk meningkatkan HDL dalam tubuh kita. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi dua butir telur per hari selama 6 (enam) minggu mampu meningkatkan kadar HDL hingga 10%.

4. Mengandung Kolin – Nutrisi Penting Untuk Tubuh

Banyak dari kita mungkin tidak pernah mendengar adanya nutrisi bernama Kolin. Nutrisi yang sepertinya terabaikan ini, ternyata, memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh kita. Nutrisi ini sering dikelompokkan dalam grup vitamin B.

Lalu apa manfaat Kolin? Kolin, ternyata bermanfaat untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul pemberi sinyal di otak, bersama dengan berbagai fungsi lainnya. Nah, satu butir telur, ternyata, mengandung 100 mg Kolin, suatu jumlah nutrisi yang penting untuk tubuh kita.

5. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bila kita mengenal HDL, sebagai kolesterol “baik”, maka kolesterol LDL (Low-density lipoproteins) adalah kolesterol “jahat”. Mereka yang memiliki tingkat LDL tinggi dalam darah, akan kecenderungan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit jantung.

Namun demikian, banyak orang tidak menyadari bahwa LDL dibagi menjadi subtipe berdasarkan ukuran partikel. Ada partikel LDL kecil padat dan partikel LDL besar. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki partikel LDL padat yang sangat kecil memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi daripada orang yang memiliki partikel LDL besar.  Bahkan jika telur cenderung sedikit meningkatkan kolesterol LDL pada beberapa orang, penelitian menunjukkan bahwa partikel LDL tersebut berubah dari kecil, padat ke LDL besar.

6. Mengandung Lutein dan Zeaxanthin – Antioksidan yang Memiliki Manfaat Utama untuk Kesehatan Mata

Menurut healthline.com, Salah satu konsekuensi penuaan adalah penglihatan cenderung menjadi lebih buruk.Ada beberapa nutrisi yang membantu menangkal beberapa proses degeneratif yang dapat memengaruhi mata kita.Dua di antaranya disebut lutein dan zeaxanthin. Mereka adalah antioksidan kuat yang terakumulasi di retina mata. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup banyak nutrisi ini dapat secara signifikan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, dua gangguan mata yang sangat umum. Nah, kuning telur, ternyata, mengandung banyak lutein dan zeaxanthin. Selain itu, telur juga kaya vitamin A yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.

7.  Mengandung Omega-3 Untuk Menurunkan Trigliserida

Pernahkah Anda bingung saat pergi ke pasar tradisional atau pasar modern dan menjumpai paket bungkusan telur yang memuat tulisan “mengandung Omega-3”, sementara, paket bungkusan telur lainnya tidak memuat tulisan tersebut? Ternyata ada/tidak nya kandungan Omega di dalam telur sangat bergantung cara pemeliharaannya dan pakannya. Telur yang bebas berkeliaran di padang rumput, kita kenal sebagai ayam kampung, dan/atau telur yang mendapat pakan Omega-3, kecenderungan akan memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang lebih tinggi. Nah, manfaat mengonsumsi telur dengan kandungan omega-3 tersebut adalah mengurangi tingkat trigliserida darah, faktor risiko yang terkenal untuk penyakit jantung.

8. Protein Kualitas Tinggi, Dengan Semua Asam Amino Esensial dalam Rasio yang Tepat

Mengonsumsi makanan cukup protein akan membantu kita dalam menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan mengoptimalka kesehatan tulang. Nah, satu butir telur tersebut mengandung 6 (enam) gram protein dan juga semua asam amino esensial dalam rasio yang tepat.

9. Dapat Mengurangi Risiko Stroke

Selama beberapa dekade, telur telah dicap sebagai biang kerok sumber makanan yang dapat berdampak buruk bagi jantung. Ternyata, menurut satu ulasan dari 17 penelitian dengan total 263.938 peserta tidak menemukan hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung atau stroke. Banyak penelitian lain yang sampai pada kesimpulan yang sama.
Namun, beberapa penelitian telah menemukan bahwa penderita diabetes yang makan telur memiliki peningkatan risiko penyakit jantung .

10. Apakah Makan Kalori Lebih Sedikit, Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Sejauh ini, protein, merupakan macronutrien yang paling mengenyangkan.Karenanya, tidaklah heran bila kita makan telur untuk sarapan, kita mampu menahan lapar lebih lama dibandingkan makan roti untuk sarapan. Bahkan, salah satu studi, mengatakan bahwa mengganti sarapan roti atau karbohidrat dengan sarapan telur menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dalam periode waktu delapan minggu.

 

Referensi: healthline.com

 

Share
Sri

Sri

Hi, senang dapat berbagi melalui tulisan pada blog Sehatindo.Co.Id ini. Traveling, mencoba makanan lokal, menulis, berenang, dan berjalan kaki, adalah sebagian dari hobi saya yang juga mengantarkan saya untuk mendirikan YOEXPLORE, sebuah situs marketplace untuk mencari dan memesan aktivitas dan paket liburan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *