alat bantu jalan

Alat Bantu Jalan Untuk Memudahkan Aktivitas Anda

Alat Bantu Jalan

Adanya kelainan atau cedera dapat mempengaruhi fungsi gerak motorik pada tubuh. Jika tidak diatasi tentu ini akan menganggu produktivitas. Kesulitan berjalan atau kehilangan salah satu anggota tubuh seperti kaki juga akan mempengaruhi kondisi psikis pengidapnya. Bersyukurlah, kini kita hidup di zaman yang serba modern dengan berbagai inovasi baru setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari banyaknya alat bantu jalan yang dilengkapi aksesoris penunjang yang baik.

Beberapa Alat Bantu Jalan yang Beredar Di Pasaran

1. Kruk lengan

kruk lengan

Kruk lengan menjadi alternatif bagi yang enggan menggunakan kruk ketiak. Kruk lengan memiliki penyangga melingkar yang disebut cuff untuk menopang tubuh. Selain cuff, kruk lengan juga dilengkapi dengan handle yang memudahkan untuk berjalan.

2. Walker

walker

Walker adalah alat bantu jalan yang terbuat dari dari logam stainless steel . Walker memiliki stabilitas yang maksimal. Meski begitu dalam penerapannya Anda harus mengangkat walker untuk dipindahkan ke depan, sehingga memicu reaksi nyeri pada bahu. Apabila Anda ingin menggunakan walker sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan ahli fisioterapi.

3. Wheeled Walker

alat bantu jalan

Sesuai namanya, wheeled walker dilengkapi dengan roda dua hingga empat pada ujung kakinya. Kelebihan dari wheeled walker adalah Anda tidak perlu repot-repot lagi memindahkan walker dengan tangan. Cukup Anda geser atau dorong Anda sudah bisa berjalan. Tapi, dilihat dari stabilitasnya, wheeled walker dinilai lebih rendah dari walker biasa.

4. Kaki palsu

A-TGK-5PSOIC Graphite Intelligent Knee

Kaki palsu adalah kaki buatan untuk menggantikan kaki asli yang mengalami amputasi atau kelainan bawaan. Kaki palsu terbuat dari bahan seperti fiber atau aluminium. Kaki palsu modern lebih fleksibel untuk digunakan karena memiliki single axis yang mudah digerakkan pada telapak kaki. Umumnya kaki palsu modern terbuat dari perbaduan antara titanium, aluminium, stanlees Steel dan Serat Karbon sehingga menghasilkan kaki palsu yang lebih kuat dan tahan lama. Bahkan dengan perkembangan teknologi, kaki palsu modern dapat dilengkapi dengan microchip untuk membantu pergerakan bagian-bagian kaki palsu modern tersebut secara auto pilot.

Itulah beberapa jenis alat bantu jalan yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan rutinitas. Pilihlah alat bantu jalan yang sesuai kebutuhan dengan tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan ketika digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *