Alat Bantu Jalan Untuk Memudahkan Aktivitas Anda

Sehatindo.co.id, Gaya Hidup Sehat – Apakah Anda dalam kondisi kesulitan untuk berjalan? Tentunya ada ragam faktor penyebabnya. Salah satunya, adanya kelainan atau cedera yang dapat mempengaruhi fungsi gerak motorik pada tubuh. Jika tidak diatasi tentu ini akan menganggu produktivitas. Kesulitan berjalan atau kehilangan salah satu anggota tubuh seperti kaki juga akan mempengaruhi kondisi psikis pengidapnya. Bersyukurlah, kini kita hidup di zaman yang serba modern dengan berbagai inovasi baru setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari banyaknya alat bantu jalan yang dilengkapi aksesoris penunjang yang baik. Mereka yang kesulitan berjalanpun, tetap dapat menjalani gaya hidup sehat dengan alat bantu jalan tersebut.

Beberapa Alat Bantu Jalan yang Beredar Di Pasaran

1. Kruk lengan

kruk lengan

Kruk lengan menjadi alternatif bagi yang enggan menggunakan kruk ketiak. Kruk lengan memiliki penyangga melingkar yang disebut cuff untuk menopang tubuh. Selain cuff, kruk lengan juga dilengkapi dengan handle yang memudahkan untuk berjalan.

2. Walker

walker

Walker adalah alat bantu jalan yang terbuat dari dari logam stainless steel . Walker memiliki stabilitas yang maksimal. Meski begitu dalam penerapannya Anda harus mengangkat walker untuk dipindahkan ke depan, sehingga memicu reaksi nyeri pada bahu. Apabila Anda ingin menggunakan walker sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan ahli fisioterapi.

3. Wheeled Walker

alat bantu jalan

Sesuai namanya, Wheeled Walker dilengkapi dengan roda dua hingga empat pada ujung kakinya. Kelebihan dari Wheeled Walker adalah Anda tidak perlu repot-repot lagi memindahkan walker dengan tangan. Cukup Anda geser atau dorong Anda sudah bisa berjalan. Tapi, dilihat dari stabilitasnya, Wheeled Walker dinilai lebih rendah dari walker biasa.

5. Kursi Roda

Kursi Roda - alat bantu jalan - gaya hidup sehat
Sumber gambar: https://pixabay.com

Kursi roda adalah alat bantu jalan untuk membantu mereka yang kesulitan berjalan menggunakan kaki karena cedera, penyakit, atau cacat bawaan sejak lahir. Model kursi roda pun beragam. Ada yang pergerakannya didorong dengan menggunakan tangan penggunanya, ada yang pergerakannya menggunakan mesin otomatis, dan ada yang pergerakannya perlu mendapat bantuan dari pihak lain.

 Itulah beberapa jenis alat bantu jalan yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan rutinitas. Pilihlah alat bantu jalan yang sesuai kebutuhan dengan tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan ketika digunakan.

Share

Sehatindo

Sehatindo.Co.Id adalah blog berbagi informasi dan tips seputar gaya hidup sehat. Anda mempunyai tips yang berdasarkan pengalaman Anda? Mari berbagi dengan mengirim tulisan tamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *