5 Makanan Sehat Praktis Untuk Menjaga Gaya Hidup Sehat

Sehatindo.Co.Id – Bukan rahasia lagi bila mengomsusi makanan sehat merupakan salah satu cara gaya hidup sehat yang seyogyanya kita terapkan. Sayangnya, kita seringkali menghindari makanan sehat karena rasanya yang kurang lezat. Alasan lain yang sering juga kita gunakan adalah kesulitan dalam pengolahan atau harga bahan baku yang mahal.

 

Makanan Sehat Untuk Cara Gaya Hidup Sehat

 

  1. Telur

Selain lezat, telur juga sangat mudah pengolahannya. Kita dapat mengolah telur hanya dengan cara rebus atau goreng saja. Tentu saja, telur rebus lebih baik dibantungkan telur goreng untuk cara gaya hidup sehat. Nah, bila Anda ingin mengolah telur dengan cara menggoreng tapi tetap sehat, Anda dapat mengolahnya menjadi, misalnya, omelet, yang dapat menggunakan hanya sedikit minyak goreng. Selain mengonsumsi telur dengan cara rebus atau goreng, Anda pun dapat mengolahnya menjadi tambahan bahan makanan di dalam sayuran atau bahan dasar pembuatan kue.

Telur - Cara Gaya Hidup Sehat
Sumber gambar: pixabay.com

Nah, kenapa sih mengonsumsi telur sangat baik sebagai salah satu cara gaya hidup sehat? Tentunya kandungan vitamin di dalam sebutur telurlah yang menjadi alasannya. Dalam satu butir telur rebus tekandung ragam vitamin, diantaranya, vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, vitamin D, vitamin, vitamin K, vitamin B6, kalcium, dan zinc. Selain itu, telur juga mengandung folat, forsfor, omega-3, selenium, protein, dan nutrisi lainnya. Kandungan vitamin dan mineral inilah yang memberikan banyak manfaat mengonsumsi telur. Salah satunya, kandungan protein di dalam telur dapat membantu meningkatkan massa otot tubuh dan menurunkan tekanan darah.

 

  1.  Bubur

Selain banyak penggemarnya, bubur juga memiliki banyak variasi. Tak heran bila bubur dinobatkan sebagai salah satu makanan untuk cara gaya hidup sehat kita.

bubur - cara gaya hidup sehat
Sumber gambar: pixabay.com

Bubur pun ada ragam jenisnya. Ada yang terbuat dari nasi lalu ditabur ayam dan sayuran. Ada pula bubur yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kacang merah. Bubur dari buah-buahan pun ada. Banyak buah-buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai bubur, seperti alpukat, pepaya dan labu. Selain itu, ada pula bubur terbuat dari bahan dasar gandum atau oat yang bisa dipadu padankan dengan makanan lain, seperti yogurt, ayam, buah-buahan, susu dan madu. Selain memiliki vitamin, karbohidrat dan kandungan lemak yang rendah, bubur juga baik untuk lambung kita.

 

  1. Tempe Dan Olahannya

Bukan rahasia lagi bahwa tempe mampu menjaga gaya hidup sehat kita. Makanan inipun mudah dalam pengolahannya. Selain itu, tempe pun terkenal murah dan banyak penggemarnya terutama kita yang tinggal di Indonesia. Walaupun biasanya masyarakat Indonesia mengonsumsi tempe dengan cara goreng, saya sarankan untuk mengola tempe menjadi bentuk masakan lain yang membutuhkan minyak goreng lebih sedikit. Salah satu contohnya, tempe bacem, yang bentuk pengolahannya mampu mempertahankan sebagian besar kandungan nutrisi di dalam tempe.

Tempe - Cara Gaya Hidup Sehat
Sumber foto: wikipedia.org

Makanan khas Indonesia ini memang sangat cocok untuk dimakan dengan banyak sayuran. Bahkan, ada pula yang menjadikan tempe sebagai salah satu pendamping sayur. Tempe kini dapat dinikmati dengan cara yang lebih modern, misalnya mengolah tempe dengan gaya masakan ala steik.

 

  1.  Roti

Roti juga bisa menjadi makanan yang ampuh untuk cara gaya hidup sehat kita. Selain praktis, roti juga dapat bersanding dengan berbagai bahan makanan. Salah satu cara konsumsi roti paling mudah adalah dengan langsung memakannya atau dengan mengolesi selai di atas roti tersebut. Cara lainnya, dengan membuat sandwich, untuk dipadukan dengan bahan lainnya, seperti sayur, telur, dan keju. Roti juga bisa dipanggang dan ditambahkan selai buah-buahan. Ada pula yang menambahkan roti di dalam oatmeal maupun salad. Bahkan,  di berbagai belahan dunia roti disandingkan dengan makanan berat, seperti, kari, sayuran berkuah, dan olahan daging berbumbu sedap lainnya.

Roti - Cara Gaya Hidup Sehat
Sumber foto: pixabay.com

 

  1.  Puding

Puding, sebagai makanan penutup yang pantas untuk membantu menjaga cara gaya hidup sehat kita.  Selain menyehatkan, pudding juga memiliki rasa yang lezat.

Pudding - cara gaya hidup sehat
Sumber foto: pixabay.com

Pada zaman sekarang banyak pula resep kreatif untuk olahan puding. Ada olahan puding yang berisi buah-buahan. Ada juga yang membuat puding yang berisi sayuran. Bahkan, yang paling unik adalah puding yang berbahan daging. Selain itu,
puding juga terkenal karena penyajiannya yang cantik, cepat dan mudah.

 

Share
Warda

Warda

Hi, melalui tulisan sehatindo.co.id ini semoga kita bisa saling berbagi manfaat. Menjelajahi hal baru yang ada di dunia ini adalah hobi saya, maka saya juga tegabung dalam yoexplore.co.id sebuah situs marketplace untuk mencari dan memesan aktivitas dan paket liburan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *