Diet Sehat Penderita Diabetes

Gaya Hidup Sehat, Sehatinco.Co.Id – Data dan hasil survei terkait penderita diabetes di Indonesia mengungkapkan bahwa diabetes adalah pembunuh nomor tiga di Indonesia. Persentasi diabetes sebesar 6,7% diurutan ketiga setelah stroke (21,1%) dan penyakit jantung koroner (12,9%). Terkait jumlah diabetesi (penderita diabetes), Indonesia menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia. Di samping itu, Kementerian Kesehatan RI menyatakan prevalensi diabetes yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Yang paling mencemaskan adalah sekitar 2/3 penderita diabetes tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit ini. Karena itulah diet sehat penderita diabetes semakin penting untuk dilakukan.

Diabetes “Sumber” Penyakit Kronis

Diabetes seringkali menjadi sumber dari berbagai penyakit berbahaya lainnya. Ia bisa menjadi penyebab komplikasi penyakit seperti penyakit jantung, ginjal, mata, kaki, saraf, dan stroke. Diabetes pula menyebabkan para penderitanya harus mengalami amputasi kaki. Kehilangan kaki tersebut akibat adanya kerusakan saraf serta sirkulasi darah yang buruk. Kondisi ini menyebabkan infeksi virus pada kaki yang luka baik dengan kondisi luka parah maupun kondisi luka ringan. Tindakan amputasi merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan hidup penderita diabetes. Di samping itu, untuk menghentikan infeksi yang dapat bertambah/meluas, serta mengurangi kerusakan jaringan yang sehat.

Diet Sehat Penderita Diabetes Melalui Asupan Makanan

Diabetes Tipe 2 pada dasarnya bukanlah jenis penyakit yang tidak dapat dicegah. Salah satu cara untuk mencegahnya, melalui pola makan yang sehat. Diet sehat penderita diabetes dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat danĀ  seimbang. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit dan kerusakan jaringan tubuh yang lebih banyak.

Asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi salah satu yang paling utama untuk diperhatikan, khususnya bagi penderita diabetes. Anjuran kebutuhan kalori sehari adalah protein 15-25%, lemak 20-25%, karbohidrat 45-65% serta vitamin, mineral dan serat dalam jumlah yang cukup. Mengurangi berat badan juga merupakan faktor penting khususnya bagi pengguna kaki palsu untuk penderita diabetes. Penurunan berat badan sekitar 5-10% dari total berat badan dapat membantu kita menurunkan resiko gula darah, tekanan darah tinggi, dan tingkat kolesterol. Berat badan ideal juga menciptakan mood yang baik, energi dan perasaan sehat/nyaman. Tidak ada kata terlambat bahkan bagi penderita diabetes.

Diet Sehat: Makanan yang Perlu Dihindari dan Dikonsumsi

Dilansir dari situs atlanticprocare.com, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi khusunya untuk keperluan diet penderita diabetes:

Makanan Sehat:

  • Lemak baik dari kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak ikan, biji rami, susu whole milk atau buah alpukat;
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran yang masih segar. Sebaiknya mengkonsumsi sayur dan buah yang berwarna dan/atau buah segar/utuh dibandingkan dalam bentuk jus;
  • Sereal berserat tinggi dan roti yang terbuat dari gandum/biji-bijian atau kacang polong;
  • Ikan dan kerang, ayam organik, ayam buras atau kalkun;
  • Protein berkualitas tinggi seperti telur, kacang, susu, keju dan yogurt tanpa pemanis.

Makanan yang Dihindari:

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari atau makan lebih sedikit:

  • Lemak yang berasal dari makanan yang terhidrogenasi sebagian atau makanan yang digoreng;
  • Makanan kemasan dan makanan cepat saji, khususnya yang mengandung gula tinggi, makanan yang dipanggang, permen, keripik, makanan manis pencuci mulut;
  • Roti putih, sereal manis, pasta olahan atau nasi;
  • Daging olahan dan daging merah dari hewan yang disuntik antibiotik, hormon pertumbuhan dan pakan transgenik;
  • Produk-produk rendah lemak yang telah mengganti lemak tersebut dengan gula tambahan, seperti yoghurt bebas lemak;
  • Kalori yang diperoleh dari fruktosa (seperti soda, minuman energi dan minuman penambah daya, kafein, donut, muffin dan sebagainya) menyebabkan timbunan lemak pada perut yang mempengaruhi terjadinya diabetes.

Alternatif Makanan Pengganti yang Lebih Sehat

Makanan yang Perlu Dikurangi

 

Alternatif Pilihan Terbaik
Nasi PutihNasi merah/coklat, kembang kol
Kentang goreng dan keripik kentangKentang manis, ubi jalar
PastaPasta gandum, spaghetti
Roti putihRoti gandum/roti biji-bijian
Sereal dengan gula/pemanisSereal tinggi serat, sereal rendah gula
Sereal jagungSereal rendah gula
JagungKacang polong, sayuran hijau

Penderita Diabetes juga Harus Olahraga

Di samping diet sehat penderita diabetes, olahraga atau latihan fisik juga menjadi kunci utama hidup sehat. Tak terkecuali bagi penderita diabetes. Olahraga yang dimaksud tidak harus olahraga berat, namun dapat berupa olahraga ringan yang harus dilakukan secara teratur/reguler setiap hari. Misalnya, dengan melakukan kegiatan jalan kaki selama 10-30 menit setiap hari. Olahraga rutin setiap hari bahkan lebih memberikan manfaat dibandingkan hanya melakukan olahraga sekali dalam seminggu.

Olahraga sangat membantu dalam mengendalikan berat badan, khususnya bagi penderita diabetes. Selain itu, olahraga membantu memperbaiki sistem insulin tubuh. Selain jogging, penderita diabetes dapat pula melakukan olahraga lain seperti berenang, bersepeda atau lainnya. Oleh sebab itu, untuk menjaga tingkat gula darah, tiga hal ini penting diperhatikan bagi penderita diabetes: jenis makanan dan porsinya, aktivitas fisik dan konsumsi obat-obatan diabetes yang semuanya ini harus dilakukan secara teratur.

Jalani Gaya Hidup Sehat

Pasien diabetes yang telah mengalami amputasi kaki, akan memiliki risiko lebih tinggi untuk kehilangan anggota tubuh satunya. Ada yang menyebutkan bahwa risiko ini mencapai kemungkinan 50% terjadi amputasi kembali apabila diabetes tidak dikendalikan secara benar. Oleh sebab itu, untuk menghindari kerusakan yang lebih banyak, treatment pencegahan diabetes menjadi sangat penting. Lakukan diet sehat, olahraga teratur, kendalikan dan cek tingkat gula darah secara teratur, dan konsumsi obat-obatan diabetes secara teratur merupakan hal mutlak yang secara terus-menerus harus dilakukan.

 

 

Share

Sehatindo

Sehatindo.Co.Id adalah blog berbagi informasi dan tips seputar gaya hidup sehat. Anda mempunyai tips yang berdasarkan pengalaman Anda? Mari berbagi dengan mengirim tulisan tamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *