4 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Orang Jepang

Sehatindo.Co.Id, Gaya Hidup Sehat РJepang adalah Negara yang terkenal akan kecanggihan teknologinya. Bahkan, angka harapan untuk hidup di Jepang semakin tinggi tiap tahunnya. Tentu saja hal yang mendasari fenomena ini, salah satunya,  adalah gaya hidup sehat ala orang jepang itu sendiri.

Tips Gaya Hidup Sehat Ala Orang Jepang

Bagaimanakah orang Jepang menjalani gaya hidup yang membuat angka harapan hidup mereka tinggi? Berikut ini beberapa fakta tentang cara mereka menjalani gaya hidup sehat:

1. Jalan Kaki

Tips pertama dari gaya hidup sehat ala orang jepang adalah berjalan kaki. Walaupun tersedia angkutan umum, para orang tua di Jepang, sejak dini, telah membiasakan anak-anak mereka untuk berjalan kaki menuju sekolah. Jarak yang cukup jauh antara halte satu dengan lainnya tidak menjadi penghalang bagi anak-anak mereka untuk berjalan kaki.

jalan kaki - gaya hidup sehat ala orang jepang
Sumber foto: pixabay.com

Kebiasaan berjalan kaki pun terbawa hingga dewasa. Tak heran bila penduduk dewasa pun lebih memilih untuk berjalan kaki dibandingkan mengendarai kendaraan pribadi. Bagi mereka, berjalan kaki bukan saja sekadar menjadi solusi untuk menghindari harga yang mahal dari kepemilikan kendaraan pribadi atau menghindari kemacetan. Lebih dari itu, jalan kaki melatih mereka untuk berdisiplin diri baik dalam mengatur waktu maupun menjaga gaya hidup sehat. Hasilnya, mereka pun dapat menghindari beberapa penyakit seperti obesitas dan diabetes.

2. Asupan Protein

Asupan protein yang cukup menjadi kunci efektif dalam gaya hidup sehat ala orang Jepang. Orang jepang terbiasa mengonsumsi protein setiap harinya. Protein berfungsi sebagai zat pembangun yang dapat membantu menumbuhkan otot-otot baru.  Protein biasa mereka dapatkan dari makanan sehari-hari mereka, terutama dengan mengonsumsi ikan dan kacang-kacangan.

Makanan laut - rahasia gaya hidup sehat ala orang jepang
Sumber foto: pixabay.com

Ya, orang Jepang dikenal sebagai pecinta makanan laut. Tidaklah mengherankan jika Jepang menjadi Negara yang terkenal akan olahan makanan lautnya. Sushi, sup misho, tempura, dan edamame adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh dan telah menjadi konsumsi favorit orang Jepang.

3. Suplemen

Selain protein melalui makanan, suplemen juga menjadi rahasia gaya hidup sehat ala orang Jepang. Banyak dari lansianya mengonsumsi protein untuk kesehatan mereka.

Lansia jalan kaki - gaya hidup sehat ala orang jepang
Sumber foto: pixabay.com

Salah satu suplemen andalan orang Jepang, terutama para lansianya, adalah Amino L40. Suplemen ini mengandung sembilan asam almino esensial yang penting untuk sintesa otot. Dengan mongonsumsi suplemen ini serta melakukan olahraga secara teratur, massa dan kekuatan otot kaki pun akan meningkat. Hasilnya, para lansia di negara Jepang pun tetap mampu berjalan kaki dengan cepat.

4.Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu gaya hidup sehat ala orang jepang yang telah terkenal di dunia. Tidak seperti orang Indonesia yang lebih banyak mengonsumsi teh hitam dengan tambahan gulanya, orang Jepang cenderung menyeduh teh hijau tanpa gula. Mereka biasa menyebut teh ini dengan sebutan “matcha”.

Teh Hijau - Rahasia Gaya Hidup Sehat Ala Orang Jepang
Sumber foto: pixabay.com

Orang Jepang biasanya menyeduh teh hijau ini di pagi hari dan juga siang hari. Teh hijau, bahkan dikenal, mengandung vitamin C lebih banyak daripada lemon. Minuman ini juga dipercaya dapat meningkatkan sistem peredaran darah serta mampu mencegah adanya kuman. Katekin dalam teh hijau dikenal sebagai anti oksidan kuat yang mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan diabetes.

 

Share
Warda

Warda

Hi, melalui tulisan sehatindo.co.id ini semoga kita bisa saling berbagi manfaat. Menjelajahi hal baru yang ada di dunia ini adalah hobi saya, maka saya juga tegabung dalam yoexplore.co.id sebuah situs marketplace untuk mencari dan memesan aktivitas dan paket liburan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *