Wisata Candi Bisa Jadi Pilihan Liburan Yang Mendukung Gaya Hidup Sehat Anda!

Gaya Hidup Sehat, Sehatindo.Co.Id – Anda setuju kalau traveling membantu kita memiliki kebiasaan gaya hidup sehat? Menurut artikel ini, setidaknya ada 10 manfaat yang dapat kita peroleh saat traveling untuk keperluan berlibur, terutama bersama keluarga. Salah satunya, membantu kita membangun kebiasaan gaya hidup sehat keluarga secara teratur. Lalu, bentuk liburan keluarga apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk membiasakan anggota keluarga kita memiliki gaya hidup sehat? Ternyata, mengunjungi objek wisata candi bisa menjadi salah satu pilihannya!

Wisata Candi Bisa Menjadi Pilihan Liburan Untuk Membangun Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Keluarga Anda!

Saat Anda bersama keluarga mengunjungi objek wisata candi, mau tak mau, Anda dan keluarga Anda akan berjalan kaki untuk mengitari ragam objek wisata tersebut. Nah, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa berjalan kaki akan membantu Anda memiliki tubuh yang lebih sehat. Terbukti, berjalan kaki menjadi salah satu resep utama orang Jepang dapat memiliki waktu hidup yang lebih lama.

Selain tubuh menjadi lebih sehat karena berjalan kaki, saat Anda dan keluarga Anda berjalan-jalan menikmati keindahan objek wisata candi, Anda tentunya akan bercakap-cakap dengan anggota keluarga Anda, terutama anak-anak Anda. Anda pun tentu perlu bersiap diri akan adanya ‘sejuta’ pertanyaan dari mereka terutama bila ini kali pertama mereka mengunjungi objek wisata candi tersebut. Anda pun akan larut dalam percapakan yang mungkin sebelumnya sulit dilakukan karena kesibukan pekerjaan Anda. Percakapan yang demikian tentunya akan membantu membangun keterikatan yang lebih mendalam antara anggota keluarga Anda. Anak-anak dan pasangan Anda pun akan menikmati kebahagian yang mungkin sempat tergerus karena kurangnya waktu pertemuan dan komunikasi.

Rencana Perjalanan Untuk Membangun Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Keluarga Anda

Nah, bila Anda telah setuju mengunjungi objek wisata candi berkontribusi membangun kebiasaan gaya hidup sehat keluarga, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajak keluarga Anda untuk liburan keluarga ke Yogyakarta, mengunjungi objek-objek wisata candi di daerah tersebut.

Saat mengunjungi objek wisata  candi di Yogyakarta, Anda dan keluarga mendapat kesempatan  menjelajahi kuil-kuil kuno. Umumnya, candi-candi tersebut mewakili supremasi kerajaan kuno yang pernah menguasai Kepulauan Indonesia. Beberapa candi yang dapat Anda kunjungi, diantaranya, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Ratu Boko, dan Candi Ijo.

Selain itu, nikmati sejarah menarik di balik pengembangan setiap candi. Biasanya, cerita tersebut memiliki latar belakang budaya dan juga terkadang hal-hal yang masih dibilang mitos. Namun, terlepas dari itu semua, candi tersebut masih eksis dan berdiri kokoh hingga sekarang. Bagi Anda yang memang menyukai sejarah, sepertinya wisata yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda. Oleh karena itu, kami mencoba memberikan gambaran bagaimana rencana perjalanan (itinerary) bagi Anda yang ingin berwisata candi di Yogyakarta.

Kompleks Candi Borobudur

andi Borobudur - Gaya Hidup Sehat Keluarga

Candi ini adalah simbol kebesaran dari arsitektur kuno. Raja Syailendra membangunnya pada abad ke-8 atau 1.200 tahun yang lalu. Candi ini merupakan Candi Budha terbesar yang ada di dunia. Ada lebih dari 500 patung Buddha dan 2.672 relief menghiasi dinding stupa. Selain itu, diperlukan 75 tahun untuk menyelesaikan pembangunan Candi ini. Dekat ke Candi Borobudur, ada Candi Mendut dan Pawon, Candi Budha lainnya. Terdapat juga sebuah desa yang dekat dengan kawasan Candi Borobudur, Anda bisa mengunjungi desa tersebut dan berbelanja hasil dari kerajinan tangan masyarakat lokal.

Andong (Kereta Kuda)

Andong - Gaya Hidup Sehat KeluargaSetelah menjelajahi Candi Borobudur, Anda dapat menjelajahi desa-desa wisata di dekatnya. Anda bisa mengendarai Andong, atau biasa disebut dengan Kereta Kuda. Nikmati pemandangan desa, amati aktivitas sehari-hari masyarakat setempat, dan berinteraksi dengan penduduk desa setempat. Anda dapat berpartisipasi dalam tempat pembuatan batik, kerajinan, atau menyaksikan proses pembuatan Gula Jawa atau Gula Aren. Selain itu, Anda dapat membeli beberapa suvenir yang indah. Dengan berbelanja suvenir dari masyarakat lokal, Anda telah berpartisipasi dalam menumbuhkan ekonomi lokal. Sebelum meninggalkan desa, Anda bisa beristirahat di perbukitan Menoreh Limestone Hills. Di tempat ini, Anda akan menikmati rasa kopi lokal. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk makan malam.

Ratu Boko

Candi Ratu Boko- Gaya Hidup Sehat Keluarga

Pada hari kedua wisata Candi di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi Candi Ratu Boko, Ijo, dan Candi Prambanan. Pertama, kita mulai mengunjungi Istana Ratu Boko. Ratu Boko adalah Istana Kerajaan kuno milik Raja Rato Boko, ayah Lara Jonggrang. Dinasti Syailendra, Kerajaan Buddha membangun Istana ini pada abad ke-8. Kemudian Kerajaan Hindu berhasil mengambil alih Candi yang satu ini. Oleh karena itu, Istana Ratu Boko mewakili kedua agama tersebut. Dari Pintu gerbang hingga ke pintu masuk, Ratu Boko memiliki arsitektur yang indah. Tak heran bila para pengunjung suka berswafoto di tempat ini. Lebih jauh masuk ke dalam Istana, kita bisa menemukan dua candi yaitu Candi Batukapur dan Candi Pembokaran.

Candi Ijo

Candi Ijo - Gaya Hidup Sehat Keluarga

Anda dapat mengunjungi Candi Ijo yang terletak tidak jauh dari Istana Ratu Boko. Candi itu adalah Candi Hindu yang dibangun pada abad ke-10. Seperti Candi Hindu lainnya, Raja mendedikasikan candi tersebut untuk menyembah Dewa Siwa, Wisnu, dan Brahma. Candi Ijo terletak di puncak Bukit Baturagung, tempat terbaik untuk melihat pemandangan Kota Yogyakarta. Anda juga dapat melihat Candi Prambanan dari jauh. Menurut sejarah, namanya Candi Ijo diambil dari warna  hijaunya sawah yang berada di sekitar bukit.

Kompleks Candi Prambanan

Candi Prambanan - Gaya Hidup Sehat Keluarga

Wisata Candi di Yogyakarta yang ketiga, yaitu, Kompleks Candi Prambanan yang sama terkenalnya dengan Candi Borobudur. Candi ini adalah warisan dari Kerajaan Hindu Kuno di Indonesia dari abad ke-10. Itu didedikasikan untuk tiga Dewa Agama Hindu, yaitu Siwa, Wisnu, dan Brahma, dan juga untuk hewan yang melayani para dewa. Anda bisa menikmati karya pahatan batu yang menceritakan tentang kisah epik Ramayana. Habiskan sore Anda bersama keluarga di sini, untuk berburu matahari terbenam. Di malam hari, Anda pun dapat menikmati pertunjukan Sendratari dalam ruangan atau teater terbuka Ramayana.

 

Selamat menikmati liburan bersama keluarga Anda untuk membangun Gaya Hidup Sehat Keluarga!

Share

Sehatindo

Sehatindo.Co.Id adalah blog berbagi informasi dan tips seputar gaya hidup sehat. Anda mempunyai tips yang berdasarkan pengalaman Anda? Mari berbagi dengan mengirim tulisan tamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *