kaki palsu bawah lutut

Kaki Palsu Bawah Lutut (Below Knee Prosthesis)

Kaki Palsu Bawah Lutut (Below Knee Prosthesis)

 Amputasi Transfemoral dan Amputasi Transtibial

Ada dua jenis amputasi kaki yaitu amputasi transfemoral (Above Knee/AK) dan amputasi transtibial (Below Knee/BK). Amputasi transtibial merupakan amputasi yang paling sering dilakukan. Didukung dengan kemajuan teknik bedah dan prostesis, amputasi transtibial memiliki tingkat kesuksesan yang cukup tinggi. Keuntungan pada amputasi transtibial adalah sendi lutut pasien yang masih bisa dipertahankan sebagai penyangga bagi kaki palsu bawah lutut.

Sendi lutut ini memiliki peran yang sangat penting. Fungsinya menjaga keseimbangan, mengangkat dan menurunkan badan seperti naik turun tangga, masuk dan keluar tempat tidur, kemampuan untuk mendorong maju, melambat dan berjalan di permukaan tidak rata dan tangga.  Hilangnya sendi lutut pada amputasi transfemoral (Above Knee) menyebabkan pasien mengalami 10x lebih besar kesulitan untuk berjalan kembali.

Kaki Palsu Bawah Lutut Pengganti Fungsi Kaki dan Pergelangan Kaki

Kaki palsu bawah lutut dirancang untuk menggantikan sebagian fungsi kaki dan pergelangakan kaki dimana terdapat banyak tulang dan sendi kecil yang bekerja secara unik. Salah satu kesulitan terbesar dalam merancang kaki palsu bawah lutut adalah menciptakan transmisi gaya secara efisien melalui koneksi stabil antara ujung/tungkul kaki residu (stump) dan kaki palsu. Kaki dan pergelangan kaki memiliki fungsi yang luar biasa, mereka dapat beradaptasi dan berubah mode ribuan kali dalam sehari. Rancangan kaki palsu bawah lutut hanya bisa menggantikan sebagian dari fungsi-fungsi tersebut. Pergelangan kaki berfungsi sebagai akomodasi, penyerab guncangan dan pergerakan. Kaki kita mampu membedakan dan menyesuaikan diri dengan permukaan yang tidak rata, sinyal saraf merespon dengan cepat setiap sensasi perubahan keadaan. Tanpa kaki dan pergelangan kaki kita kehilangan perasaan, sensitivitas posisi dan penyerapan guncangan.

 

Dynamic Response Foot

Produk Kaki Palsu Bawah Lutut Teh Lin: Dynamic Response Foot

Teh Lin: Easy Liner Total Contact

Teh Lin Easy Liner Total Contact untuk Kaki Palsu Bawah Lutut

 

 

 

 

 

 

Socket

Socket merupakan bagian terpenting pada prostetik, penghubung antara kaki residu dan kaki artifisial. Kaki palsu tidak akan berguna bagi pemakainya jika socket yang digunakan tidak memberikan dua hal penting ini: kenyamanan dan keamanan suspensi. Kini beragam desain socket tersedia bagi kaki palsu bawah lutut dan anggota tubuh artifisial lainnya. Selama 10 tahun terakhir, sistem socket mengalami transformasi yang luar biasa. Material seperti mineral gel liner, urethane dan silikon telah menggantikan plastik keras. Material-material ini memiliki kualitas mengagumkan seperti misalnya dalam merespon berbagai tingkat tekanan dan mencegah kerusakan permukaan kulit anggota tubuh residu.

Suspensi dan Lengan Suspensi

Suspensi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cara memasangkan prostesis pada kaki residu. Pada amputasi transtibial, kaki artifisial lebih mudah dipasang namun lebih sulit untuk menahannya. Terdapat beragam perangkat suspensi bagi kaki palsu bawah lutut. Misalnya tipe fork strap (tali garpu) atau waist belt (sabuk pinggang) berguna untuk pasien yang memiliki tungkai residu sangat pendek. Untuk pasien dengan kondisi jaringan lunak yang lemah atau nyeri lutut instrinsik, maka engsel samping dan korset paha dapat membantu meringankan beban pada sendi lutut dan memindahkan sebagian berat kepada paha. Di samping itu, pasien juga bisa menggunakan lengan suspensi (suspension sleeves) sebagai perangkat suspensi primer atau sekunder. Kegunaannya untuk mencegah masuk atau keluar nya udara pada socket. Namun demikian, alat ini harus secara reguler diganti karena bahannya yang tidak tahan lama. Alat ini juga menyebabkan keringat dan ketidaknyamanan karena sifatnya yang kedap udara.

Teh Lin: Desain Kaki Palsu Bawah Lutut yang Nyaman

Beberapa pasien amputasi seringkali menolak atau malas menggunakan kaki palsu terutama ketika berada di rumah. Alasan utamanya adalah perasaan tidak nyaman. Hal ini tentu saja memberikan resiko besar pada pasien sendiri, misalnya tergelincir, jatuh, iritasi kulit. Permukaan kulit yang rusak/luka menyebabkan peradangan yang diam-diam dapat mencapai ke tulang dan beresiko tinggi. Teh Lin dengan pengalaman 57 tahun menciptakan kaki palsu bawah lutut dengan kenyamanan tingkat tinggi. Dan SEHATINDO sebagai distributor resmi produk TEH LIN hadir di Indonesia untuk membantu pasien mendapatkan produk-produk terbaik Teh Lin. Hubungi kami SEHATINDO untuk mendapatkan penawaran terbaik untuk kaki palsu bawah lutut serta produk Teh Lin lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *