kaki palsu modern

Kaki Palsu Modern Kualitas Premium

Pembuatan Kaki Palsu Modern

Awal Perkembangan Kaki Palsu Modern

Perkembangan kaki palsu modern sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi pembuatan kaki palsu dan kebutuhan semasa perang. Terlepas dari perkembangan teknologi pembuatan kaki palsu modern tersebut, kebutuhan akan Anggota tubuh buatan, seperti kaki palsu, tangan palsu, dan sebagainya, telah digunakan lebih dari 2000 tahun.

Selama berabad-abad, amputasi menjadi pilihan terapi untuk mengatasi luka parah yang dialami oleh tentara selama masa perang. Hanya saja, hingga pertengahan abad ke-19, kebanyakan dari para pasien akhirnya meninggal karena infeksi akibat proses operasi yang tidak steril. Pada saat itu, tangan yang diamputasi, kerap kali digantikan oleh sebilah kait yang sederhana. Demikian pula, proses pembuatan kaki palsu pun, pada saat itu, terbilang sangat sederhana. Kaki palsu hanya dibuat dari bahan metal yang ditutupi oleh rangka kayu.

Teknologi pembuatan kaki palsu pun semakin berkembang karena kebutuhan akibat Perang Dunia II. Dokter bedah dan pembuat kaki palsu (prosthetist) bekerja sama untuk menghasilkan kaki palsu dengan desain yang lebih baik. Tujuannya, tentu untuk menolong para tentara yang terluka dapat kembali melakukan aktivitas mereka sebagai warga sipil.

Sejak Perang Dunia II itulah, perkembangan teknologi telah mampu menghasilkan kaki palsu modern, kaki palsu yang lebih ringan dengan material yang kuat. Proses penyesuaian kaki palsu dengan tubuh pasien pun dapat dibuat lebih efektif dan nyaman.

Kaki Palsu Modern

Di abad ke-21 ini, teknologi proses pembuatan kaki palsu telah berhasil menghasilkan kaki palsu modern dari material plastik yang sangat kuat dan ringan dengan desain yang semakin natural. Bahkan teknologi terkini telah memampukan pegembangan peralatan kaki palsu yang dapat memperkirakan pergerakan otot.

Pengganti tangan dan lengan biasanya dioperasikan oleh otot yang dikontrol dari bahu yang berlawanan melalui kabel yang terhubung dari bantalan bahu ke tangan atau kait buatan, yang disebut perangkat terminal. Tangan palsu dapat juga dioperasikan dengan sistem kontrol myoelectric (Myo berarti otot).

Disebut myoelectric karena aktivitas elektrokimia otot lengan bawah diterima oleh elektroda di tangan palsu dan kemudian dikirim ke motor yang mengoperasikan tangan palsu tersebut. Meskipun saat ini teknologi myoelectric sendiri masih dalam tahap pengembangan, ada harapan besar tentang kemampuan kontrol elektronik tersebut. Teknologi ini akan mampu meningkatkan pergerakan tangan, dan pada akhirnya mampu menggantikan kabel untuk membuka dan menututp kait atau tangan buatan.

Selain itu, dalam tahun-tahun terakhir ini, teknologi komputer pun telah banyak digunakan untuk membantu proses desain dan penyesuaian. Delapan puluh lima persen penyedia kaki palsu modern telah menggunakan CAD/CAM untuk mendesain model untuk keperluan pembuatan cetakan kaki palsu. Selain itu, teknologi laser pun semakin banyak digunakan untuk proses penyesuaian kaki palsu modern yang lebih presisi.

Bahan Dasar Kaki Palsu Modern

Umumnya peralatan kaki palsu modern terdiri atas:

  • socket kaki palsu modern yang telah dikustomisasi menyesuaikan dengan tubuh pasien,
  • struktur internal (disebut juga dengan tiang atau “pylon”),
  • manset dan sabuk lutut yang diikatkan ke tubuh,
  • sock yang melindungi area kontak, dan
  • dalam beberapa kasus, penutup natural yang terlihat seperti kulit asli.

Lebih lanjut, pabrik-pabrik kaki palsu modern pun semakin terus mengembangkan teknologi untuk menghasikan kaki palsu yang semakin ringan, yang kini kebanyakan terbuat dari bahan plastik. Socket kaki palsu modern pun umumnya dibuat dari bahan plastik polipropilena. Logam yang lebih ringan seperti titanium dan aluminium telah pula digunakan untuk mengganti penggunaan baja di bagian struktur kaki palsu modern. Karena harga titanium yang terbilang mahal, penggunaan perpaduan titanium dan aluminium menjadi alternatif pilihan saat ini.

Selain itu, keberadaan serat karbon dan material dari plastik telah mendukung terciptanya persendian buatan yang menolong pasien untuk memiliki variasi pergerakan kaki palsu yang lebih natural. Pergerakan tersebut meliputi kemampuan melakukan perputaran persendian dan menahan tekanan untuk menstabilkan bantalan persendian, seperti lutut, atau bahkan dapat mengontrol panjang langkah dari kaki palsu modern tersebut.

Pada bagian telapak kaki palsu modern, materialnya kini banyak yang terbuat dari busa uretan dengan konstruksi bagian dalam terbuat dari kayu. Bahan lain yang juga digunakan adalah ragam plastik seperti polietilen, polipropilena, akrilik, dan poliuretan. Bagian sarung kaki palsu terbuat dari sejumlah kain yang lembut namun kuat, misalnya kain wool, katun, atau ragam material sintetis.

Tampilan fisik dari kaki palsu modern juga menjadi hal yang sangat penting bagi pasien. Sebagian besar protestik endoskeletal ditutupi oleh busa poliuretan yang lembu, yang didesain sedemikian rupa untuk mengikuti lekuk kaki palsu pasien. Penutup dari busa ini kemudian ditutupi lagi dengan kulit buatan yang diwarnai menyerupai warna kulit pasien.

Proses Pembuatan Kaki Palsu Modern

Kaki palsu modern bukanlah produk masal yang dijual di toko-toko. Serupa dengan prosedur pembuatan kaca mata atau gigi palsu, pembuatan kaki palsu modern  pun didasarkan atas resep medis. Untuk keperluan ini, diperlukan konsultasi pasien dengan dokter, prosthetist, dan ahli terapi fisik (therapist). Setelah konsultasi tersebut, pasien akan menemui prosthetist untuk proses pencocokan kaki palsu modern. Meskipun beberapa bagian – seperti socket – dibuat khusus, banyak bagian (telapak kaki, struktur/penyangga) dibuat di pabrik, dikirim ke prosthetist, dan dirangkai di bengkel prosthetist sesuai dengan kebutuhan pasien.

  • Proses Pembuatan Kaki Palsu Modern: Pengukuran dan Pengecoran

Ketepatan dan perhatian kepada hal-hal yang rinci sangatlah penting bagi pabrik kaki palsu modern untuk menghasilkan kaki palsu yang memberikan kenyamanan bagi pasien. Oleh karenanya, tahapan pertama yang dilakukan oleh seorang prosthetist adalah melakukan evaluasi kondisi dari pasien dan melakukan analisis sisa kaki dari bagian yang membutuhkan kaki palsu modern.

Prosthetist, selanjutnya, melakukan pengukuran pada ekstremitas sisa amputasi dan kaki normal untuk mendapatkan keseimbangan kaki palsu modern yang akan dibuat.

  • Proses Pembuatan Kaki Palsu Modern: Pencetakan Socket

Prosthetist  akan melakukan pencetakan socket dengan membuat cetakan dari stump (ekstremitas sisa) bagian kaki yang teramputasi. Socket merupakan bagian dari kaki palsu yang menyangga stump dan kemudian mendistribusikan stump dengan kaki palsu modern.

Socket dapat dibuat dari ragam material, misalnya kulit, plastik, atau kayu yang dilekatkan ke stump. Socket  dibuat sedemikian sehingga tungkai residual sesuai dengan kaki, pergelangan kaki, dan lutut untuk setiap individu.

Material seperti  serat karbon, titanium dan termoplastik telah mendorong pengembangan yang  memungkinkan dihasilkannya desain socket yang lebih nyaman dan fleksibel. Aplikasi teknologi elektronik telah memungkinkan perluasan sensor gerak dan pengontrolan ayunan lutut palsu.

proses pembuatan kaki palsu

Gambar dari Madehow

Sebelum socket permanen dibuat, Prosthetist  akan membuat socket tes terlebih dahulu. Proses tersebut dilakukan dengan cara memanaskan satu lembar termoplastik  di oven yang besar dan kemudian divakum di sekitar cetakan. Dalam proses ini, lembaran yang dipanaskan tersebut, diletakkan di atas cetakan di dalam ruang vakum. Jika diperlukan, lembaran termoplastik akan dipanaskan kembali. Kemudian, udara di antara lembaran dan cetakan disedot keluar dari ruang vakum, meruntuhkan lembaran di sekitar cetakan dan memaksanya ke bentuk cetakan yang tepat. Lembaran termoplastik,  yang merupakan socket tes ini, terlihat transaparan untuk memudahkan Prosthetist  melakukan pengecekan kesesuaian socket tubuh pasien.

Prosthetist  akan mendampingi pasien untuk proses pengetesan socket tes dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Sebagai contoh, bila yang dibutuhkan adalah kaki palsu, pasien akan mencoba berjalan sambil menggunakan socket tes tersebut dan Prosthetist  akan mengamati pergerakannya. Pasien akan ditanya bagaimana tingkat kenyamanannya dalam menggunakan socket tes tersebut. Socket tes kemudian akan disesuaikan kembali berdasarkan masukan dari pasien dan dicoba kembali oleh pasien.

Setelah pasien benar-benar merasa nyaman dengan socket tes, Prosthetist  akan membuat socket permanen. Karena yang permanen umumnya terbuat dari polipropilena, socket tersebut dapat divakum sepanjang cetakan seperti yang dilakukan pada socket tes. Socket permanen sendiri nantinya dapat disesuaikan bila adanya perubahan anatomi tubuh pasien.

  • Proses Pembuatan Kaki Palsu Modern: Perakitan Desain dan Finishing

Ada banyak cara untuk memproduksi bagian-bagian kaki palsu modern. Potongan plastik – termasuk potongan busa lunak yang digunakan sebagai liner atau padding – dibuat dengan metode pembentuk plastik biasa. Ini termasuk pembentuk vakum, menyuntikkan molding-memaksa plastik cair ke dalam cetakan dan membiarkannya dingin. Struktur (Pylons) yang terbuat dari titanium atau aluminium dapat di die-cast.  Potongan kayu bisa diolah, digergaji, dan dibor. Berbagai komponen disatukan dalam berbagai cara, menggunakan baut, perekat, dan laminating.

Selanjutnya, Prosthetist  akan merangkai semua bagian kaki palsu modern tersebut dan meminta pasien untuk mencoba socket permanen tersebut. Penyesuaian akhir dilakukan bila diperlukan.

Terapi Fisik Untuk Penyesuaian Kaki Palsu Modern

Setelah proses pemasangan dan penyesuaian  kaki palsu modern dilakukan, tahap berikutnya adalah tahap pembelajaran oleh pasien supaya semakin nyaman didalam penggunaannya. Pasien perlu melakukan latihan-latihan khusus untuk memperkuat otot-otot yang digunakan untuk menggerakan kaki palsu tersebut.

Referensi:

  • Artikel “Artificial Limb” dipublikasikan di Madehow
  • Artikel “Prosthetics – Artificial Limbs” dipublikasikan di Jrank.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *