5 Destinasi Traveling Ini, Bisa Membangun Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Anda

Sehatindo.co.id, Gaya Hidup Sehat – Banyak dari kita senang sekali  traveling. Tahukah Anda, ternyata traveling dapat membantu kita untuk membangun kebiasaan gaya hidup sehat, loh! Tentunya hal ini tergantung dari destinasi traveling yang kita pilih dan aktivitas apa yang kita lakukan selama traveling tersebut.

Destinasi Wisata Untuk Membangun Kebiasaan Gaya Hidup Sehat!

Anda senang traveling mengunjungi destinasi – destinasi wisata di Indonesia atau di Luar Negeri, atau malah keduanya? Di mana pun destinasi wisatanya, apakah Anda telah memilih secara bijaksana atau justru memilih destinasi  yang “berbaha” untuk kesehatan Anda. Nah, untuk membantu perencanaan traveling Anda, berikut ini 5 (lima) jenis destinasi wisata yang dapat Anda pertimbangkan bila ingin traveling sambil membangun kebiasaan gaya hidup sehat:

 

  1. Traveling Ke Gunung atau Pegunungan

Tentu saja pegunungan adalah destinasi traveling yang dapat Anda pilih untuk membangun kebiasaan gaya hidup sehat. Banyak sekarang traveler yang berlomba-lomba mendaki setiap pegunungan yang berada di Indonesia. Belakangan ini, bukan hanya di Indonesia, malah ada yang menargetkan puncak di seluruh dunia.

Kebiasaan Gaya Hidup Sehat - Pegunungan
Sumber Gambar: Pixabay.com

Kecintaan para traveler untuk menjelajahi pegunungan tentu saja bukan tidak berdasar. Untuk dapat melakukan penjelajahan, seorang traveler harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental terlebih dahulu. Makan makanan sehat dan olah raga teratur menjadi bentuk persiapan yang sebaiknya rutin dilakukan beberapa bulan sebelum melakukan penjelajahan.

Di sisi lain, penjelajahan atau pendakian membuat tubuh seorang traveler menjadi lebih kuat karena otot-otot di seluruh tubuh benar-benar difungsikan dengan baik. Pola pernafasan pun diuji. Selain itu, ketahanan mental selama menjalani proses pendakian pun mengalami ujian. Tentunya menjadi kebahagian bagi seorang traveler apabila dirinya berhasil mencapai puncak gunung atau pegunungan. Rasa bahagia, menurut penelitian, dapat meningkatkan kulitas kesehatan seseorang, loh. Bagaimana? Anda tertarik untuk traveling ke Gunung atau Pegunungan?

 

  1. Menjalajahi Air Terjun

Belum kuat untuk menjelajahi pegunungan? Air terjun bisa menjadi destinasi traveling favorit Anda untuk membantu membangun gaya hidup sehat. Walau ada beberapa air terjun yang memiliki jalur trekking yang cukup mudah, cukup banyak juga  destinasi air terjun yang membutuhkan Anda memiliki kondisi fisik yang prima. Anda mungkin akan menjumpai jalur turunan dan/atau pendakian yang sedikit menantang  tubuh Anda sebelum tiba di lokasi air terjun. Karena untuk menuju air terjun di Indonesia juga membutuhkan usaha yang lebih.

Wisata Air Terjun - Kebiasaan Gaya Hidup Sehat
Sumber Gambar: yoexplore.co.id

Kondisi alam menuju air terjun, bisa menjadi simulasi kecil Anda untuk mendaki pegunungan, selain tentunya membantu otot-otot Anda untuk berlatih secara maksimal. Traveling ke air terjun juga bisa membuat pernafasan Anda lebih sehat karena kondisi alamnya yang sangat bersih. Selain itu, di beberapa destinasi air terjun, Anda pun juga bisa berenang atau sakadar berjongkok di bawah curahan air terjun untuk merasakan pijatannya di sekujur tubuh Anda. Asyik, bukan?

 

  1. Traveling Dengan Sepeda Kayuh Ke Pantai!

Pantai memang telah menjadi destinasi favorit untuk siapa saja. Selain bisa berenang di lautan luas, Anda juga bisa menikmati flora dan fauna yang beragam. Juga tentu saja membuat pikiran dan badan menjadi lebih santai.

Bersepeda di pantai untuk kebiasaan gaya hidup sehat
Sumber gambar: pixabay.com

Selain itu, Anda pun dapat menjelajahi pantai dengan mengayuh sepeda. Banyak destinasi pantai yang menyediakan jalur bagi pejalan kaki dan pesepeda. Tak heran, bila banyak traveler bergabung dalam sebuah komunitas pecinta sepeda kayuh dan menjadikan kegiatan mengayuh sepeda di pantai sebagai kegiatan komunitas yang menyenangkan. Selain menyenangkan, tentunya kegiatan komunitas seperti ini juga dapat membantu membangun kebiasaan hidup sehat. Bagaimana dengan Anda? Tertarik bergabung dengan komunitas pengayuh sepeda?

 

  1. Wisata Ekstrim

Wisata ekstrim ini sebenarnya ada beberapa yang berbahaya dan ada pula yang tidak begitu berbahaya. Karena itu hanya traveler yang memiliki kondisi tubuh yang sehat yang diperbolehkan untuk menikmatinya.

parasailing-kebiasaan gaya hidup sehat
Sumber gambar: pixabay.com

Kegiatan seperti paralayang, selancar, panjat tebing, loncat tebing, arung jeram, body rafting adalah beberapa contoh wisata ekstrim yang dapat memacu adrenalin Anda. Bila Anda melakukan persiapan dengan baik dan mengikuti prosedur permainan dengan benar, wisata ini dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk membangun kebiasaan gaya hidup sehat.

 

  1. Traveling Ala Backpacker

Tidak hanya traveling ke alam yang menyegarkan. Traveling ala backpacker ke luar negeri pun bisa membantu membangun kebiasaan gaya hidup sehat Anda. Pada umumnya backpacker melakukan traveling dengan sebisa mungkin meminimalan pengeluaran. Tak heran bila mereka lebih senang berjalan kaki atau menggunakan transportasi massal dibandingkan menyewa tur privat. Berjalan kaki 1-2 kilometer pun menjadi suatu kebiasaan yang mereka lakukan. Ternyata, kebiasaan ini tidak saja mampu membuat mereka berhemat, tetapi juga membuat tubuh mereka menjadi lebih sehat. Di sisi lain, dengan kebiasaan berjalan kaki, mereka pun bisa merasakan sensasi layaknya menjadi warga lokal di destinasiyang mereka datangi. Selain itu, menjadi backpacker juga dapat membantu Anda menemukan tempat terpencil yang berpotensi menjadi destinasi wisata baru, yang tentunya, turis-turis biasa tidak bisa temukan. Anda tertarik mencoba traveling ala backpacker?

Share
Warda

Warda

Hi, melalui tulisan sehatindo.co.id ini semoga kita bisa saling berbagi manfaat. Menjelajahi hal baru yang ada di dunia ini adalah hobi saya, maka saya juga tegabung dalam yoexplore.co.id sebuah situs marketplace untuk mencari dan memesan aktivitas dan paket liburan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *