Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup Sehat, Sehatindo.Co.Id – Kalau Anda sangat mengutamakan kesehatan dalam setiap aspek kehidupan maka berkebun bisa menjadi salah satu solusinya. Berkebun bukan hanya sekedar bisa mempercantik taman dirumah Anda, namun juga bisa menjaga kesehatan Anda. Anda dapat mendapatkan manfaat berkebun bagi kesehatan tubuh, terutama jika Anda melakukan kegiatan untuk menanam berbagai tanaman obat-obatan seperti program pemerintah di tahun 90an. Toga atau Tanaman obat keluarga ini sangatlah penting untuk kita miliki disetiap rumah kita.
Apa sajakah Tanaman Obat Keluarga yang bisa kita tanam di lingkungan rumah kita? Berikut Adalah beberapa rangkuman tanaman yang bisa ditanam dengan mudah di taman/lahan rumah Anda yang sangat kami rekomendasikan untuk membantu pola hidup sehat keluarga Anda.

1.Lidah Buaya – Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal tanaman ini, tanaman yang sedang terkenal belakangan ini karena manfaatnya dalam dunia kecantikan ini, ternyata masih memiliki ribuan kebaikan didalamnya terutama bagi kesehatan.

Manfaat berkebun bagi kesehatan yang lain adalah seperti dapat mengurangi luka bakar atau sedang meradang, melembabkan dan melembabkan rambutpun bisa Anda dapatkan dari lidah buaya. Andapun bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan dalam tubuh Anda dengan berkumur menggunakan air lidah buaya dengan manfaat seperti menghilangkan plak gigi, sariawan seperti yang dilansir dari artikel Hipwee.

2. Daun Sirih – Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Daun sirih ini tentunya adalah daun yang cukup melegenda dalam manfaatnya bagi kesehatan. Daun sirih ini sangatlah penting untuk kita tanam dalam kebun kita. Bisa dikatakan penting, karena tumbuhan ini cukup mudah untuk ditanam dan dirawat, tumbuhan ini juga bisa mempercantik taman kita, karena tumbuhan ini jenisnya merambat.

Manfaat dari daun sirih ini sendiri adalah dapat menghentikan mimisan atau pendarahan pada hidung. Cukup ajaib memang, karena hanya dengan menggulung daun ini dan memasukkannya kedalam hidung yang sedang terjadi pendarahan, mimisan pun akan berhenti seketika, hal ini ternyata dapat terjadi karena daun sirih mengandung fenil poppies dan terpene.

3.Jahe – Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal manfaat dari jahe. Rempah-rempah yang satu ini dipercaya sebagai tanaman yang bisa menyembuhkan masuk angina dan juga rasa mual dalam tubuh. Biasanya orang-orang mengkonsumsinya dengan cara menyeduh. Tetapi tidak jarang Jahe juga dijadikan sebagai bumbu penyedap dari masakan maupun jajanan tradisional.

4. Kunyit – Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Salah satu rempah-rempah ini sangat sering dijadikan bahan makanan dan juga jamu. Manfaat berkebun bagi kesehatan seperti tanaman kunyit ini adalah menngobati penyakit asam lambung, mengurangi gas pada pencernaan, sebagai obat alergi dan juga sebagai anti jamur.

Kunyit bagi kecantikan bisa sebagai pembersih, scrub, masker untuk wajah dan juga bahan dasar lulur tubuh. Manfaatnya adalah mencerahkan kulit dan juga mengurangi radang dikarenakan luka maupaun jewat yang ada di wajah.

5. Daun Salam – Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Daun ini sangatlah bermanfaat sebagai bahan dasar masakan. Daun Salam ini ternyata berkhasiat untuk kesehatan mata, meringankan nyeri, mengatasi migrain dan untuk menunda munculnya uban.
Untuk kecantikan Daun Salam baik dalam membantu Anda untuk berdiet. Dilansir Times of India, Mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak.

Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong. Dilansir dari Liputan6.com

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *