Manfaat Kaki Palsu bagi Difabel

Manfaat Kaki Palsu Bagi Difabel

Manfaat Kaki Palsu bagi Difabel, SEHATINDO – Difabel berasal dari istilah diffabled, sebuah akronim differently abled yaitu suatu keterbatasan atau kehilangan kemampuan untuk  melakukan suatu kegiatan dengan cara yang dipandang normal bagi kebanyakan orang. WHO mendefiniskan difabel dapat bersifat fisiologis, psikologis, maupun kelainan struktur atau fungsi anatomis. Kemampuan yang berbeda dari kebanyakan orang ini dapat terjadi dari beragam jenis kecacatan seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, cacat anggota gerak, lumpuh, dan cacat mental.

Kondisi yang Menyebabkan Amputasi Anggota Tubuh

Kehilangan salah satu anggota tubuh seperti lengan atau kaki dapat disebabkan oleh bermacam-macam kondisi. Kondisi ini dapat terjadi dari kondisi psikiatrik, penyakit, infeksi, dan sebagainya sehingga harus dilakukan tindakan amputasi. Amputasi atau tindakan pemotongan tubuh dapat dilakukan karena beberapa alasan berikut ini:

  • Amputasi kongenital karena kelainan/cacat sejak lahir;
  • Kecelakaan kendaraan atau kecelakaan saat bekerja, musibah kebakaran, korban perang, dan kejadian insiden lainnya;
  • Penyakit diabetes melitus yang akhir-akhir ini menjadi faktor utama terjadinya amputasi. Gula darah yang tinggi dalam waktu yang lama menyebabkan kerusakan jaringan saraf dan pembuluh darah pada kaki. Kaki diabetik akan mengalami infeksi yang lama kelamaan dapat menjadi kronis dan menyebabkan amputasi;
  • Kanker atau tumor pada tulang/otot serta infeksi dan peradangan lainnya;
  • Kelainan neuroma atau jaringan saraf yang menebal.

 

Manfaat Kaki Palsu Bagi Difabel

Di Indonesia sendiri, data populasi disabilitas masih harus mengalami perbaikan untuk memenuhi standard global yang ditetapkan dalam ICF (International Classification of Functioning for Disability and Health). Pemerintah menunjukkan perannya dalam pembangunan yang inklusif bagi kaum difabel meskipun masih cukup terbatas. Dan, disabilitas seringkali dikaitkan dengan kemiskinan, kesempatan kerja yang sangat terbatas dan ruang gerak yang terbatas karena fasilitas umum yang belum memadai bagi penyandang difabel. Oleh sebab itu, alat bantu seperti kaki palsu sesederhana apapun tentu akan memberikan manfaat dan pengaruh yang besar bagi penderitanya.

Mengembalikan Fungsi Anggota Tubuh

Manfaat kaki palsu bagi difabel sangatlah besar, yang terutama adalah mengembalikan fungsi anggota tubuh itu sendiri. Bahkan, dengan pesatnya teknologi, prostesis atau kaki artifisial dapat berfungsi melebihi kemampuan kaki biologis. Ambil saja contoh manfaat kaki palsu bagi difabel yang bertanding dalam paralimpiade atau Asian Para Games yang baru berlangsung di Jakarta. Sedangkan, Paraolimpiade sendiri digagas sejak Tahun 1948 oleh seorang ahli syaraf turunan Yahudi bernama Ludwig Guttmann. Event tersebut menjadi ajang kompetisi perusahaan produsen prostetis menghasilkan running blade dengan teknologi muktahir yang melampaui kemampuan kaki biologis.

 

 

Kembali Percaya Diri

Manfaat kaki palsu bagi difabel juga salah satunya adalah mengembalikan kepercayaan diri, khususnya semangat untuk kembali bekerja dan berprestasi. Rasa malu, putus asa dan keengganan untuk melanjutkan hidup dapat dihapus dengan adanya manfaat kaki palsu bagi difabel. Kita ambil pelajaran dari Mr. Kuen-Lin Chen, satu dari penyandang difabel yang meraih sukses dari musibah yang dialaminya. Ia adalah pendiri Teh Lin Pros & Ortho, perusahaan induk dimana Sehatindo menjadi distributor resminya di Indonesia.

 

Mr. Lin mengalami kecelakaan mobil di tahun 1960 yang menyebabkan ia harus kehilangan kakinya. Bersama dengan kelima anaknya, Mr. Lin menepis segala pikiran negatif yang membuat hidupnya terpuruk dan putus asa. Ia malah memilih untuk melakukan penelitian dan mengembangkan ilmu prostetik hingga terciptalah Perusahaan Teh Lin yang kini telah mendunia.

Coba pula simak cerita inspiratif pari Parvinder Chawla berikut ini.

Dari Sekedar Alat Bantu Pengganti hingga Tampilan yang Fashionable

Kini manfaat kaki palsu bagi difabel bukan hanya sekedar sebagai alat bantu, sebagian juga sudah mengutamakan penampilan yang lebih stylish. Pemilihan bahan yang lebih ringan dan fleksibel juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan kaki palsu. Namun demikian, hal-hal semacam ini tentunya bergantung pada budget dan kepentingan spesifik dari masing-masing pasien.

 

Sehatindo: Teh Lin dan Sejuta Manfaat Kaki Palsu bagi Difabel

Teh Lin adalah salah satu produsen kaki palsu muktahir yang telah memasarkan produknya ke 40 negara. Sehatindo menjadi satu-satunya distributor resmi Teh Lin di Indonesia, menjadikan produk-produk kaki palsu Teh Lin lebih mudah dijangkau.

Manfaat Kaki Palsu bagi Difabel

V-One Microprocessor Knee: Produk Terbaru Teh Lin yang Stylish, Modern dengan Teknologi Muktahir

Mari kita berkenalan dengan salah satu produk muktahir terbaru dari Teh Lin, yaitu V One Microprocessor-Controlled Knee. Ini adalah produk kaki palsu dengan karakteristik utamanya keamanan dan kecerdasan. Dilengkapi dengan sensor gravitasi terbaru, prostetis ini mampu mengukur tingkat kecepatan jalan yang berbeda-beda dengan resistansi lutut yang dapat diubah-ubah lebih natural dan aman. Pengaturan resistansi berjalan pada sambungan lutut untuk tiga kondisi berbeda yaitu berjalan lambat, berjalan sealami mungking dan berjalan cepat menggunakan Program PC dan mode otomatis. Desainnya yang begitu cantik menggunakan rancangan mekanik 4-Bar dengan pola anatomy ICR yang memastikan tingkat stabilitas dan ayunan telapak kaki yang lebih ringan. Tambahan lagi, V-One Microprocessor Knee menggunakan rangka karbon yang ringan dan tahan lama.

Ingin mengenal produk-produk Teh Lin lebih mendalam, mari hubungi Sehatindo melalui nomor kontak dan saluran media kami lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *