Memilih Peralatan Olahraga Yang Tepat Kiat dan Tips

Apakah bisa memilih peralatan olahraga yang tepat hanya dengan menggunakan apa yang diberikan alam kepada Anda? Tentu saja bisa. Jawaban dari peralatan itu adalah tubuh Anda sendiri. Sayangnya,  melakukan aktivitas yang rutin tetap menjadi tantangan tersendiri yang tidak semua orang mampu melakukannya. Tak heran bila industri peralatan olahraga bernilai miliaran rupiah telah berkembang dengan janji kesuksessan mencapai kesehatan yang ideal.

Tips Memilih Peralatan Olahraga yang Tepat

Memiliki peralatan olahraga di rumah adalah salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Namun demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut saat memutuskan memiliki peralatan olahraga di rumah:

  1. Sebuah peralatan terbaik dan gym yang paling sulit hanya efektif bila digunakan secara teratur;
  2. Pelajari cara menggunakan peralatan dengan benar untuk menghindari cedera yang dapat membuat Anda beristirahat untuk sementara atau permanen;
  3. Pelajari ragam ukuran, bentuk, fungsi, dan kisaran harga; serta
  4. Baca dulu beberapa ulasan sebelum membeli peralatan olahraga.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Traveling

Berikut adalah beberapa dasar yang harus Anda ketahui jika Anda ingin memilh peralatan olahraga yang tepat :

1. Peralatan Kardio

memilih peralatan olahraga yang tepat - kardio
Sumber gambar: Ryan Doka dari Pixabay

Kiat pertama untuk memilih peralatan olahraga yang tepat adalah mengenal peralatan kardio. Jika Anda pernah memasuki ruangan di gym, Anda akan melihat deretan mesin yang dirancang untuk mensimulasikan bersepeda, berjalan dan berlari, kayak, mendayung, bermain ski, dan memanjat tangga. Baik bermotor atau tidak, untuk penggunaan gym tugas berat atau dalam versi rumah yang lebih ringan, mesin ini menawarkan latihan kardio yang baik yang membakar kalori dan lemak. Terlebih lagi, latihan Anda dilakukan di dalam ruangan, jauh dari cuaca yang berubah-ubah.

Harga bervariasi dari beberapa ratus dolar hingga ribuan, tergantung pada apakah mesin alat tersebut bermotor atau dapat diprogram, dan apakah itu memiliki pengaya, seperti perangkat untuk mengukur detak jantung, kalori atau MET yang terbakar, waktu yang berlalu, dan sebagainya. Meskipun informasi ini cenderung tidak sepenuhnya akurat, hal ini dapat mendorong Anda untuk meningkatkan latihan Anda atau mungkin sangat diperlukan jika dokter Anda telah menyarankan Anda untuk membatasi aktivitas.

2. Mesin dayung / Rowing machines

memilih peralatan olahraga yang tepat - kardio
Sumber gambar: https://www.technogym.com

Mesin dayung membantu latihan tubuh bagian belakang, lengan, dan kaki secara bersamaan, menawarkan latihan tubuh total dengan mesin. Gerakan pada awalnya mungkin terasa asing, dan beberapa orang merasa sulit di bagian belakang, kecuali Anda terbiasa mendayung. Pertimbangkan model katrol dan bukan model piston untuk pengalaman mendayung yang lebih realistis saat memilih peralatan olahraga yang tepat untuk mesin dayung.

3. Stair-steppers

memilih peralatan olahraga yang tepat - kardio

Alat berat ini memberikan latihan ringan yang mirip dengan pendakian tangga. Beberapa mode memiliki tuas dengan pegangan tangan untuk latihan dengan tangan juga. Pemula mungkin menemukan mesin stepper yang susah untuk di gunakan, dan gerakannya bisa keras pada lutut. Salah satu tips memilih peralatan olahraga yang tepat untuk mesin stepper adalah cari alat berat yang menyediakan gerakan kaki independen dan dilengkapi dengan pegangan tangan dan platform tangga besar.

4. Sepeda statis

memilih peralatan olahraga yang tepat

Sepeda statis tidak membutuhkan latihan tertentu untuk menggunakannya, meskipun bisa terasa tidak nyaman untuk waktu yang lama. Walaupun tidak seefektif berkuda dalam mencegah osteoporosis sebagai latihan menahan beban, olahraga ini dapat memberikan latihan kardiovaskular yang sangat baik. Carilah model dengan jok dan jepit kaki yang nyaman dan dapat disesuaikan saat memilih peralatan olahraga yang tepat untuk sepeda statis. Jika jok terlalu keras, cari tahu apakah Anda dapat mengganti jok dengan model empuk yang dibeli secara terpisah.

5. Treadmill

memilih peralatan olahraga yang tepat

Mesin Treadmill ini memungkinkan Anda untuk berjalan atau berlari di dalam ruangan. Beberapa model menawarkan permukaan yang fleksibel dan tidak terlalu menggelembung. Memilih Treadmill bermotor adalah salah satu tips memilih peralatan olahraga yang tepat. Saat membelinya, cari motor yang kuat (mesin akan bertahan lebih lama), sabuk yang panjang dan cukup lebar untuk langkah Anda, kerangka kokoh dengan rel sisi depan untuk keselamatan, dan perangkat penghenti darurat. Anda harus dapat menyesuaikan kecepatan dan kerataan sehingga Anda dapat berjalan dengan kecepatan yang nyaman.

6. Alat Berat

memilih peralatan olahraga yang tepat

Dengan memanfaatkan gravitasi, berat badan, berat eksternal, atau ketegangan sebagai kekuatan perlawanan, perangkat ini membantu Anda membangun kekuatan. Seperti halnya peralatan kardio, gaya dan harga sangat beragam, dari peralatan profesional mahal yang paling sering ditemukan di pusat kebugaran dan klub kesehatan hingga model rumah portabel yang terjangkau.

Jika Anda baru memulai, Anda dapat menghemat banyak uang dengan memilih beberapa dasar – membeli sepatu yang nyaman untuk jalan sehat, menggunakan alat beban tangan atau karet gelang atau tubing – alih-alih menginvestasikan sejumlah besar uang pada mesin angkat berat.

7. Cross-country ski machine

memilih peralatan olahraga yang tepat

Mesin ini memungkinkan Anda berolahraga untuk lengan dan kaki secara bersamaan, seperti halnya Anda bermain ski lintas negara. Gerakan gesernya mudah di lutut. Pada beberapa mesin, Anda harus memajukan satu ski ke depan untuk membuat yang lain bergerak mundur. Pada yang lain, ski bergerak secara independen. Selain itu, mesin ski tertentu menggunakan tali, sementara yang lain memiliki pegangan stasioner. Periksa semua jenis ini untuk melihat mana yang paling nyaman untuk Anda. Carilah tempat tidur kaki lebar untuk stabilitas. Bagaimana? Memilih peralatan olahraga yang tepat seperti cross-country ski machine ini memang patut untuk dipertimbangkan.

8. Elliptical Trainers

memilih peralatan olahraga yang tepat

Mesin-mesin ini memberikan gerakan naik-turun melingkar yang merupakan persilangan antara mesin ski dan tangga. Mereka memberikan latihan yang hampir bebas efek samping, yang mudah dilakukan untuk melatih persendian. Resistansi dan kerataan dapat disesuaikan secara otomatis atau manual pada beberapa model, dan tuas dengan pegangan tangan dapat digunakan pada bodi atas. Mungkin perlu beberapa saat untuk terbiasa dengan gerakan yang tidak biasa. Carilah setang yang nyaman dan pedal nonslip dengan punggung melengkung. Cobalah alat berat dengan kecepatan dan nilai yang bervariasi untuk memastikannya terasa stabil.

Share
Warda

Warda

Hi, melalui tulisan sehatindo.co.id ini semoga kita bisa saling berbagi manfaat. Menjelajahi hal baru yang ada di dunia ini adalah hobi saya, maka saya juga tegabung dalam yoexplore.co.id sebuah situs marketplace untuk mencari dan memesan aktivitas dan paket liburan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *