5 Olahraga Minim Bujet Yang Bisa Menjaga Gaya Hidup Sehatmu!

Sehatindo.Co.Id –  Belakangan ini, baik remaja maupun orang dewasa, berlomba mencari cara untuk menjaga gaya hidup sehat. Sebenarnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung gaya hidup sehat ini. Olahraga adalah kunci utama. Namun, ada beberapa orang yang terkendala dalam fasilitas dan finansial dalam melakukan olahraga.

Olahraga Minimum Bujet Untuk Menjaga Gaya Hidup Sehat

Anda bingung mencari olahraga yang terjangkau bujet Anda tapi tetap dapat membantu menjaga gaya hidup sehat Anda? Jangan khawatir, ternyata inilah beberapa olahraga minim bujet yang bisa Anda praktikkan!

  1.       Jalan Sehat

Banyak orang sering meremehkan kegiatan jalan sehat ini. Padahal olahraga jalan sehat, bila rutin dilakukan, dapat membantu Anda menjaga gaya hidup sehat. Jalan sehat membantu tubuh Anda untuk meregangkan otot-otot, mengurangi lemak didalam tubuh, membuat jiwa lebih sehat, dan tubuh pun menjadi lebih santai.

Jalan sehat, bahkan sangat baik untuk orang-orang yang terindikasi bahaya diabetes dan penyakit lainnya. Olahraga ini tidak membutuhkan bujet tinggi. Anda cukup mempersiapkan sepatu olahraga dan tentunya menyediakan waktu. Anda pun tidak harus ke sarana olahraga untuk dapat melakukan kegiatan ini. Melainkan, Anda bisa berjalan di sekitar kompleks perumahan, lapangan, atau taman.

Sumber Video: Lucy Wyndham-Read (YouTube)

Waktu terbaik untuk jalan sehat ini adalah di pagi hari dan minimal 30-60 menit per harinya. Apabila di pagi hari tidak memungkinkan, Anda dapat melakukannya di sore hari sepulang bekerja. Bahkan, banyak orang juga mengambil waktu di siang hari untuk melakukan kegiatan jalan sehat. Tentu saja dengan menggunakan pakaian yg bisa membantu mereka terhindar dari paparan langsung sinar matahari.

  1.       Lari

Tidak semua orang menyukai olahraga ini. Namun, olah raga ini bisa  menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan demi menjaga gaya hidup sehat Anda. Biasanya orang-orang lebih memilih jogging sebagai pilihan untuk olahraga di pagi hari.

Sumber video: JustFitness mDhilc (YouTube)

Lari, biasanya bisa dilakukan di mana saja, seperti halnya jalan sehat. Namun, lebih aman lagi bila lari dilakukan di stadion khusus, dimana polusinya lebih rendah dan keadaan jalannya lebih aman. Selain untuk kesehatan, lari bisa efektif untuk menurunkan berat badan kita.

  1.       Menjaga Gaya Hidup Sehat Dengan Renang

Bukan rahasia lagi bila renang menjadi olahraga favorit bagi banyak orang. Renang bukan saja dapat membantu menjaga gaya hidup sehat kita, tetapi juga bisa menjadi ajang hiburan. Bermain dengan air dan melakukan olahraga didalamnya memang sangat menyenangkan, bukan?

Untuk menyesuaikan dengan bujet, Anda pun dapat berenang di kolam renang umum. Bahkan, dengan melakukan hal ini, Anda dapat bersosialisasi membangun pertemanan dengan orang-orang baru. Tentunya, hal ini dapat berkontribusi tidak saja untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan jiwa Anda.

Bahkan kalau tinggal di pedesaan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk olahraga ini. Anda dapat melakukannya di Sungai yang jernih! Berenang sambil menikmati keindahan alam! Pun demikian, apabila Anda tinggal di daerah dekat pantai. Laut menjadi kolam renang besar yang dapat Anda manfaatkan! Berenang sambil menikmati keindahan batu karang di bawah permukaan laut! Wow, siapa yang gak mau?

  1.       Tampil Energic dengan melakukan Senam (Workout Sederhana)

Senam bukan lagi olahraga yang mahal di era teknologi yang semakin canggih ini. Hanya mengandalkan koneksi internet, Anda pun mendapatkan video-video senam yang populer. Senam juga memiliki banyak variasi dan tipe.

Sumber Video: OneHowTo (YouTube)

Salah satunya, adalah senam zumba yang menggunakan musik kekinian. Senam yang mengasyikkan yang bakalan membuat Anda tidak mudah lelah karena  Anda serasa seperti sedang berdansa saat melakukan kegiatan senam. Selain itu, senam juga memiliki beberapa tipe seperti senam kardio yang dikhususkan untuk jantung dan efektif membakar lemak.

  1.       Yoga

Anda mungkin sering membaca atau melihat komunitas-komunitas yang rutin melakukan kegiatan yoga bersama. Ya, yoga, kini semakin populer menjadi salah satu olahraga yang dapat membantu Anda menjaga gaya hidup sehat. Banyak dari Mereka yang telah mempraktikkan yoga mengatakan bahwa yoga mampu membantu meningkatkan fleksibilitas, mendapatkan kekuatan, dan mengurangi stres.

Sumber Video: Style Craze (YouTube)

Yoga yang berasal dari India, sekitar 5.000 tahun yang lalu ini, ternyata memiliki ragam jenisnya. Ada jenis yoga lembut dan ada yang berat tergantung dari teknik yang digunakan. Terlepas dari ragam jenis tersebut, teknik gerakan yoga akan membantu kesehatan Anda dari kepala hingga ujung kaki, luar dan dalam. Tak heran, bila yoga dilakukan secara rutin, tidak saja yoga dapat membantu mencegah banyak penyakit, tetapi juga dapat membantu pemulihan diri pasca proses pengobatan penyakit, termasuk membantu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, yoga pun bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka yang menggunakan alat bantu jalan.

Sudah Siap Mempraktikkan?

Dengan beberapa tips tersebut di atas, apakah Anda siap mempraktikkannya? Olahraga mana yang kira-kira akan Anda coba atau malah sedang lakukan? Apakah Anda memiliki ide olah raga lain yang dapat membantu menjaga gaya hidup sehat? Yuk berbagi dengan berkomentar di bawah ini!

Selamat berolahraga!

 

 

Share
Warda

Warda

Hi, melalui tulisan sehatindo.co.id ini semoga kita bisa saling berbagi manfaat. Menjelajahi hal baru yang ada di dunia ini adalah hobi saya, maka saya juga tegabung dalam yoexplore.co.id sebuah situs marketplace untuk mencari dan memesan aktivitas dan paket liburan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *