perawatan kaki palsu

Perawatan Kaki Palsu Layaknya Kaki Asli

Optimalkan Fungsi melalui Perawatan Kaki Palsu

Kaki palsu adalah sebuah perangkat mekanik sehingga perawatan kaki palsu perlu dan harus dilakukan. Pengguna kaki palsu harus memperlakukannya seperti kaki asli. Kebersihan selain agar terlihat bagus, juga untuk mencegah masalah kulit dan higienis. Perawatan kaki palsu akan meminimalkan kerusakan dan memaksimalkan potensi fungsional kaki untuk kegiatan sehari-hari penggunanya.

Tips dan Cara Perawatan Kaki Palsu

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara-cara untuk perawatan kaki palsu yang dirangkum dari beberapa sumber. Pasien dapat mempraktikkan perawatan kaki palsu ini untuk mendapatkan hasil terbaik dari kaki palsu yang digunakan:

Kaus Kaki dan Selubung Prostetik

Kaus kaki dan selubung prostetik lainnya berfungsi untuk melindungi kulit, meningkatkan kenyamanan dan menyerap keringat. Bagian ini harus dibersihkan dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen/manufaktur. Soket dan kaus kaki dapat dilepas dengan air hangat, sabun atau jika diperlukan alkohol. Sebaiknya setiap hari menggunakan kaos kaki yang bersih.

 

Gel Liner

Liner adalah bagian terpenting dari kaki palsu yang harus bersih karena langsung bersentuhan dengan kulit pasien. Bagian dalam gel liner has dicuci setiap hari menggunakan air dan sabun ringan (tanpa parfum, pelembut atau deodoran). Lalu keringkan dengan handuk. Liner dicuci menggunakan tangan, beberapa jenis tertentu dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Pelembut pakaian atau bahan pemutih dapat merusak bahan liner. Bersihkan liner secara menyeluruh lalu keringkan kedua sisi dengan bahan bebas serat. Setelah kering, kembalikan liner pada posisinya.

Di samping itu, seminggu sekali semprot bagian dalam liner menggunakan isopropil alkohol. Tujuannya untuk membasmi bakteri yang mungkin berkembang dalam gel liner. Dianjurkan untuk memiliki dua liner sehingga dapat dipakai dan dibersihkan bergantian. Simpan liner dengan sisi kanan menghadap keluar dan hindari terkena panas langsung. Penting untuk menjaga agar liner tidak terkena kaca, serat karbon, bahan kimia atau produk2 berbahaya lainnya. Bahan-bahan tersebut dapat menemple dan menyebabkan iritasi kulit. Jika terjadi kerusakan, bawalah kepada ahli prostetik untuk perbaikan.

 

Lengan Suspensi (Suspension Sleeve)

Selanjutnya, perawatan untuk lengan suspensi. Lengan suspensi  yang ditempelkan pada kaki prostetik dan digulung ke paha pengguna sebagai segel untuk menahan kaki prostetik pada tungkai kaki. Pemilihan kaos kaki, liner dan lengan suspensi yang tepat sangat menentukan kenyamanan bagi pengguna kaki palsu. Konsultasikan pemilihan yang tepat dengan ahli prostetik. Jika pada lengan suspensi terdapat lubang atau rusak, maka harus diganti.

Jangka waktu keawetan lengan suspensi bergantung pada tingkat aktivitas pasien dan tipenya. Adanya sobek/lubang pada lengan suspensi akan mengurangi fungsinya sebagai penopang. Jangan biarkan lengan suspensi dalam keadaan tergulung semalaman karena hal ini akan menyebabkan longgar/melar. Jika lengan suspensi tidak lagi menahan kaki plasu pada kaki dengan baik, maka konsultasikan dengan ahli prostetik untuk mengganti dengan yang baru.

 

Soket

Agar kaki palsu berfungsi optimal, maka interior dan eksterior soket harus dibersihkan setiap hari. Bagian dalam soket dibersihkan untuk mencegah keberadaan bakteri. Gunakan spon atau kain halus dan sedikit sabun lembut. Sabun dapat diganti dengan desinfektan anti bakteri untuk hasil terbaik. Sikat gigi dapat membantu mencapai bagian-bagian yang tak terjangkau. Keringkan semalaman.

Bagian-Bagian Berbahan Kulit

Bagian-bagian yang terbuat dari kulit dibersihkan menggunakan sabun dan dikeringkan.

 

Komponen Mekanik

Untuk komponen-komponene mekanik sebaiknya dilakukan pengecekan berkala dengan ahli prostetik. Hal ini penting sebagai bagian dari perawatan kaki palsu untuk optimalisasi fungsi kaki palsu tersebut. Jangan mengatur sendiri baut, engsel atau bagian-bagian lainnya. Jika terdengar suara berlebih selama penggunaan kaki palsu, hal tersebut harus dilaporkan ke ahli prostetik.

Selain kaki palsu yang membutuhkan perawatan teratur, bagian kaki pasien khususnya stump yang kontak langsung dengan kaki palsu juga membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Informasinya dapat lebih lanjut Anda baca pada artikel “Tips Merawat Kaki Palsu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *