Prostetik dan Ortotik

Prostetik dan Ortotik

Prostetik dan Ortotik adalah dua disiplin ilmu yang berbeda di bidang kesehatan. Namun, keduanya memiliki kesamaan fungsi dalam rehabilitasi anggota tubuh. Akhir-akhir ini, ilmu prostetik dan ortotik mengalami perkembangan yang dinamis, khususnya ditunjang kemajuan teknologi. Teknologi muktahir memungkinkan anggota tubuh buatan (prostesis) dan perangkat bantu anggota tubuh (ortosis) berfungsi layaknya anggota tubuh asli. Bahannya pun semakin kokoh dan ringan.

Definisi Prostetik dan Ortotik

Prostetik

Prostetik adalah cabang ilmu kesehatan yang menciptakan anggota tubuh artifisial untuk pasien yang mengalami amputasi kaki/lengan akibat cedera traumatis, cacat lahir atau komplikasi penyakit seperti diabetes atau kanker. Ilmu prostetik menghasilkan anggota tubuh artifisial yang dapat dibagi dalam beberapa kategori yaitu:

  • Transtibial atau Below Knee Prostheses (bawah lutut);
  • Transfemoral atau Above Knee Prostheses (atas lutut);
  • Disartikulasi panggul;
  • Symes dan kaki parsial;
  • Ekstremitas atas (tangan dan lengan); dan
  • Bilateral (amputasi kanan dan kiri).

Lebih Lanjut mengenai Ilmu Prostetik

Perangkat artifisial Below Knee Prostheses meliputi soket kustom, kaki dan pergelangan kaki. Untuk soket, hal paling utama adalah melindungi kaki dari tekanan dan fraksi berlebih. Sedangkan kaki/pergelangan kaki palsu merupakan kombinasi energi balik dan permukaan/dasar yang bentuknya meniru kaki manusia asli. Sedangkan, perangkat artifisial Above Knee Prostheses mengkombinasikan rangka topang, unit lutut, serta kaki/pergelangan kaki. Soket berfungsi menopang berat tubuh pada panggul dan suspensi dari beberapa metode. Mikroproses mengendalikan lutut untuk mencegah jatuh pada jalan yang tidak rata atau saat menaiki tangga. Lebih lanjut, disartikulasi panggul membutuhkan ahli prostetik yang memahami tiga sambungan yaitu panggul, lutut, dan kaki. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi dan mobilitas anggota tubuh. Dan, symes dan kaki parsial merupakan bagian yang cukup menantang yang memberikan manfaat penuh terhadap tulang tibia dan fibula pasien semacam tuas panjang yang mengendalikan kaki palsu.

Selain kaki palsu, Ilmu Prostetik juga meliputi ekstremitas atas yaitu tangan dan lengan. Fungsi tangan manusia sangatlah kompleks, teknologi prostetik membantu penderita amputasi melakukan tugas-tugas dasar dan lanjutan dari bagian ekstremitas atas yang mengalami amputasi. Sedangkan istilah bilateral (kanan dan kiri) berhubungan dengan penanganan amputasi bagian tubuh (kaki/tangan) kiri dan kanan dengan level amputasi yang sama atau pun berbeda-beda pada kedua bagian.

 

Ortotik

Ortotik adalah perangkat eksternal yang diaplikasikan pada kaki, lengan, atau batang tubuh untuk memberikan dukungan dan mengurangi rasa sakit akibat cidera/kecelakaan, memperbaiki kelainan bentuk, mengendalikan keselarasan biomekanik dan mencegah perkembangan deformitas. Setiap perangkat (ortosis) dirancang untuk mengatasi masalah klinis spesifik setiap pasien setelah evaluasi klinis yang cermat. Tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan stabilitas dan mobilitas maksimum.

Beberapa Perangkat Ortotik

Beberapa perangkat ortotik berikut ini telah banyak digunakan, diantaranya adalah:
– Ankle-Foot Orthoses (AFOs): perangkat eksternal memanjang dari bagian bawah lutut hingga kaki/pergelangan kaki. Fungsinya untuk mengendalikan ketidakstablian bagian bawah lutut dengan mempertahankan keselarasan dan mengendalikan gerakan kaki/pergelangan kaki.
– Supramalleolar Orthoses (SMOs): berasal dari bagian kaki tepatnya di atas tulang pergelangan kaki (malleoli) yang dianggap paling pendek dari Ankle Foot Orthoses (AFOs). SMO biasanya digunakan pasien, terutama anak-anak yang memiliki kaki datar, lembut, ataupun lentur. SMO dirancang untuk membantu meningkatkan keseimbangan saat berdiri dan berjalan.
– Knee Ankle Foot Orthoses (KAFOs): Jenis ortotis yang dirancang untuk mendukung, mengoreksi, menyelaraskan atau melindungi kaki, khususnya sendi lutut dan pergelangan kaki. Banyak digunakan oleh pasien penderita polio, penyakit nyeri sendi, kelemahan kaki.
– Spinal Braces: semacam korset yang dirancang untuk mengobati rasa sakit, patah tulang, skoliosis, dan degenerasi.
– HALOs: digunakan untuk keselamatan pada kecelakaan leher.

Untuk mengenal lebih lanjut produk ortosis yang diproduksi Teh Lin Pros & Ortho, Inc, pembaca dapat mengklik tautan berikut ini.

 

Bidang Keahlian Prostetik dan Ortotik

Ahli Prostetik dan Ortotik harus memiliki keahlian teknis dalam memahami dan menilai kondisi klinis pasien, merancang dan mengukur secara presisi sesuai kebutuhan individu, memonitor dan memberikan terapi serta edukasi terkait penggunaan dan perawatan ortosis dan prostesis. Pasien yang ditangani oleh Ahli Prostetik dan Ortotik dapat bervariasi dari bayi, anak-anak hingga pasien lanjut usia yang menderita kelemahan otot setelah stroke, menderita diabetes, dan sebagainya. Ahli Prostetik dan Ortotik harus memahami ilmu anatomi, fisiologi, neurologi, patologi hingga biomekanik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *