Tips Mengatasi Insomnia

Traveler, pernah tidak Anda mengalami yang namanya susah tidur? Biasanya ini terjadi saat Anda tidur di ‘tempat baru’ atau sedang traveling dan menginap di hotel. Mau senyaman apapun hotelnya, tetap saja kalau Insomnia menyerang, Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Hal ini tentu sangat merugikan bagi Anda yang sedang traveling. Mengapa? Karena tentu saja fisik Anda akan terasa gampang lelah dan Anda tidak bisa menikmati jalan-jalan yang menyenangkan.

Dalam tulisan kali ini, saya akan memberikan Anda tips mengatasi insomnia saat sedang traveling. Jadi, simak terus ulasannya. Pastinya sangat bermanfaat bagi Anda yang memang sering mengalami kejadian seperti ini. Intinya adalah agar traveling tetap seru dan menyenangkan.

Tips Mengatasi Insomnia

Sebenarnya, penyebab utama insomnia itu adalah stres, kecemasan, dan faktor sering begadang. Dengan demikian, tidak heran jika fungsi tubuh Anda akan menurun. Sama seperti rendahnya konsentrasi, hingga daya tahan tubuh yang melemah. Tentunya itu sangat merugikan bagi Anda yang memang berencana untuk traveling jauh ke luar kota atau ke luar negeri. Di saat itu, Anda tentu membutuhkan kondisi fisik yang bugar dan segar, namun karena insomnia, hal itu hanya menjadi angan-angan saja.

Bisa saja memang Anda meminum obat tidur, namun itu memiliki efek samping, sehingga berbahaya bagi tubuh kalau mengkonsumsinya terlalu sering. Meminum obat tidur juga tidak direkomendasikan oleh dokter sebagai pertolongan pertama. Terlebih, obat tidur juga memiliki dosis yang keras dan harus dengan resep dan anjuran dari dokter. Tidak bisa sembarangan, traveler. Jadi lebih baik, Anda melakukan hal ini untuk mengatasi insomnia. Langsung simak tipsnya ya!

 1. Membaca Buku

tips mengatasi insomnia- Membaca Buku
Sumber Gambar: Jose Antonio Alba dari Pixabay

Tips mengatasi insomnia yang pertama adalah membaca buku. Daripada Anda membuka gadget yang justru cahaya birunya menyebabkan Anda tambah tidak bisa tidur, lebih baik Anda membaca buku. Setelah Anda mencoba memejamkan mata selama 20 – 30 menit namun tetap tidak bisa tidur, maka Anda coba deh melakukan aktivitas santai ini.

Membaca buku yang jelas tidak ada hubungannya dengan pekerjaan atau kuliah Anda ya traveler, bacaan buku ringan saja. Bacalah buku yang menarik, seperti novel, buku puisi, biografi atau buku-buku lainnya yang menyenangkan. Jika Anda lupa membawa buku, biasanya hotel menyediakan koran atau majalah, dan Anda bisa membaca itu, lebih baik daripada Anda hanya mencoba untuk tidur.

Aktivitas yang satu ini perlahan akan membuat mata Anda menjadi lelah, dengan demikian, Anda bisa merasakan mata Anda capek, dan pada akhirnya mengantuk. Saat itulah Anda langsung kembali ke kasur dan mencoba tidur kembali. Semoga berhasil ya traveler!

2. Minum Susu Hangat atau Jus Ceri Tart

tips mengatasi insomnia - Jus Ceri Tart
Sumber Gambar: https://id.theasianparent.com/

Tips mengatasi insomnia yang kedua adalah mengkonsumsi jus ceri tart atau susu hangat 1 jam sebelum Anda berangkat tidur. Biasanya, minum susu hangat dapat mengundang rasa ngantuk. Dengan demikian, bagi Anda hyang memang belum tau, langsung dicoba saja malam ini andaikan insomnianya kambuh!

Berdasarkan penelitian pada tahun 2018 yang dilansir kompas.com, jus ceri tart dapat meningkatkan waktu tidur selama 84 menit. Namun, itu jika Anda teratur meminumnya, traveler, sehari 2x selama 2 minggu. Jika Anda memang berencana traveling dan memiliki insomnia, dari jauh-jauh hari sudah mulai coba untuk mengkonsumsi minuman yang satu ini ya traveler, cara membuatnya juga mudah, dan rasanya juga asam manis seperti buahnya.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjut traveling dan baru membaca tulisan ini, saya  menyarankan untuk meminum susu hangat saja. Anda bisa minta di room service hotel, jika tidak, ada Anda bisa ke warung atau minimarket terdekat. Beli susu bubuk sachet saja sudah cukup, langsung seduh dengan air panas, dan minum sampai habis selagi hangat. Dijamin tidak lama kemudian Anda akan mengantuk. Tidak percaya? Silahkan dicoba saja terlebih dahul, traveler!

3. Olahraga Ringan

tips mengatasi insomnia - Olahraga Ringan
Sumber Gambar: Daniel Reche dari Pixabay

Tips mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah dengan olahraga ringan. Bisa jadi Anda memang terkena insomnia karena memang kurang gerak atau kurang olahraga. Dengan demikian, metabolisme dan peredaran darah dalam tubuh Anda tidak lancar. Cobalah mulai berolahraga, dengan berolahraga pola tidur Anda akan teratur pastinya.

Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga ringan seperti Jogging, Push Up, Sit Up, dan lain-lainnya hanya untuk merenggangkan tubuh Anda dan melancarkan aliran darah. Anda bisa melakukan ini di pagi hari, sehingga saat malam Anda akan merasa lebih cepat mengantuk. Anda juga bisa melakukan kegiatan ini di sore hari, sehingga setelah olahraga Anda bisa mandi air hangat dan coba langsung tidur lebih awal.

4. Berenang

tips mengatasi insomnia - Swimming
Sumber Gambar: Daniel Perrig from Pixabay

Tips mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah berenang. Tentu saja aktivitas yang satu ini akan lebih baik jika Anda lakukan di sore atau malam hari untuk menghilangkan insomnia. Memang terasa sangat menyenangkan saat kita berenang, namun efeknya juga sangat baik bagi kesehatan, traveler.

Banyak gerakan yang Anda lakukan saat berenang yang secara tidak sadar itu dapat melancarkan aliran darah, mengencangkan otot dan efek positif yang lainnya. Tentunya kegiatan yang satu ini sangat baik bagi pernapasan Anda, dan tentunya dapat membuat pola tidur berubah. Olahraga ini memang tidak ada keringat, wajar saja karena Anda berada di dalam air, namun capeknya setelah itu akan sangat terasa.

Efek dari kelelahan tersebut lah yang pada akhirnya memancing rasa kantuk, dengan demikian Anda bisa langsung terlelap tidur setelah mandi.

Jika Anda menginap di hotel, biasanya tersedia kolam renang, Anda bisa langsung berenang setiba sampai di hotel. Dijamin Anda akan mengantuk malamnya!

Liburan Bebas Insomnia!

Traveler, itulah beberapa tips mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan saat sedang traveling. Karena traveling itu harus cukup tidur, maka jangan biarkan insomnia menghantui Anda ya. Saat sudah mulai terasa tidur kurang maksimal, maka Anda coba salah satu tips yang ada di atas ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menikmati liburan bebas imsonia!

Share

Sehatindo

Sehatindo.Co.Id adalah blog berbagi informasi dan tips seputar gaya hidup sehat. Anda mempunyai tips yang berdasarkan pengalaman Anda? Mari berbagi dengan mengirim tulisan tamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *