yoga untuk kesehatan tubuh

10 Manfaat Yoga Untuk Pengguna Alat Bantu Jalan

Anda yang baru pertama kali menggunakan alat bantu jalan, misalnya kaki palsu, mungkin memiliki pertanyaan tentang kesanggupan memiliki hidup yang tetap bahagia dalam keterbatasan tubuh yang dimiliki. Memang tidak mudah untuk terus beraktivitas dengan kondisi tubuh yang berbeda. Namun demikian, banyak penelitian menunjukkan bahwa sikap positif akan memampukan Anda untuk beradaptasi dengan lebih baik. Salah satu yang dapat dilakukan untuk membangun sikap positif dari dalam diri adalah dengan melakukan yoga. Yoga untuk kesehatan tubuh telah banyak dipraktikkan dan memberikan manfaat tidak saja untuk tubuh tapi juga untuk pikiran.

10 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Pengguna Alat Bantu Jalan

Yoga adalah bentuk latihan yang melibatkan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan fisik dalam yoga terbukti mampu memperkuat otot-otot tubuh dan di saat bersamaan memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Tidaklah mengherankan bila yoga disebut sebagai aktivitas olahraga yang holistik, untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Karena sifatnya yang holistik tersebut, beberapa prostetist profesional menyarankan para pengguna kaki palsu – dan tentunya berlaku pula untuk pengguna alat bantu jalan lainnya, untuk melakukan yoga secara rutin. Setidaknya ada 10 manfaat yoga untuk kesehatan tubuh pengguna alat bantu jalan, diantaranya:

1. Mengurangi Stress

Ketika Anda mengikuti kelas yoga, Anda akan dilatih beragam teknik pernapasan. Teknik-teknik pernapasan tersebut dapat membantu menenangkan Anda sehingga Anda pun akan mampu menghadapi rasa sakit di dalam tubuh ataupun mengelola emosi dengan cara yang lebih sehat. Anda menjadi lebih mampu menerima keadaan Anda tanpa menyalahkan keadaan itu sendiri. Hal ini menjadi langkah vital bila Anda ingin memiliki kehidupan yang bahagia, terlepas Anda menggunakan alat bantu jalan atau tidak.

2. Melatih Kesabaran

Welas asih adalah dasar dari semua bentuk pelatihan yoga. Dengan rasa welas asih yang Anda bangun untuk diri Anda, ketika Anda mengalami rasa sakit, Anda pun akan tetap belajar bersyukur dan tidak terfokus pada rasa sakit tersebut. Anda menjadi lebih sabar menghadapi penderitaan dan lebih terdorong untuk memfokuskan pada hal-hal positif yang diri Anda dapat lakukan, untuk kebaikan Anda, keluarga, dan orang-orang di sekitar Anda.

3. Meningkatkan Pikiran Positif

Sebagai pengguna alat bantu jalan, Anda mungkin memiliki pikiran yang mengasihani diri sendiri dan menganggap diri tidak berarti. Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda akan terlatih untuk mengelola beragam perasaan dan pikiran tersebut dengan pikiran yang netral. Melalui proses ini, Anda dapat belajar mengambil keputusan bagaimana memberi tanggapan terhadap rasa sakit yang Anda alami.

4. Memperkuat Otot Tubuh dan  Mencegah Osteoporosis

Dengan menggunakan alat bantu jalan, bagian tubuh yang menggunakan alat bantu jalan biasanya akan memiliki beban lebih berat. Hal ini mempengaruhi otot tubuh, yang apabila tidak dilatih, dapat menyebabkan cidera otot. Nah, berdasarkan hasil beberapa penelitian, gerakan yoga dibuktikan dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan kepadatan tulang. Oleh karena itu, yoga pun sangat baik dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Persendian dan Meningkatkan Fleksibilitas

Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda dapat menghindari kerusakan yang lebih parah, terutama pada bagian persendian yang teramputasi. Saat Anda melakukan yoga, Anda akan terlatih untuk menggerakan persendian tubuh Anda untuk mencapai jangkauan terjauhnya. Hasilnya, tubuh Anda pun menjadi lebih fleksibel.

6. Meningkatkan Keselarasan Tubuh

Yoga dapat membantu meningkatkan keselarasan tubuh Anda. Mereka yang menggunakan alat bantu jalan, biasanya secara tidak sadar memfokuskan massa tubuhnya ke bagian tubuh yang menggunakan alat bantu tersebut. Hal ini mengakibatkan hilangnya keselarasan (keseimbangan) tubuh. Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda lebih dapat mengontrol pikiran Anda secara netral untuk memberikan porsi massa tubuh yang sesuai.

7. Melindungi Tulang Punggung

Menggunakan alat bantu jalan dapat membuat punggung Anda lebih cepat mengalami kelelahan. Nah, beberapa gerakan dalam yoga, seperti backbend, forward bend, serta gerakan twist, ternyata sangat membantu dalam membentuk tubuh dan melindungi tulang punggung.

8. Menurunkan Berat Badan

Sebagai pengguna alat bantu jalan, khususnya kaki palsu, menjaga berat badan supaya tidak bertambah dari keadaan saat pertama kali menggunakan alat bantu, sangatlah penting untuk dilakukan.

Bagi pengguna kaki palsu, bertambahnya berat badan, akan mempengaruhi volume stump (ujung kaki yang teramputasi) yang dapat masuk ke dalam soket kaki palsu. Bila hal ini terjadi, penyesuaian soket tentunya harus segera dilakukan untuk menghindari cidera dan infeksi pada stump.

Nah, dengan melakukan yoga secara rutin, tubuh Anda akan digerakan secara teratur yang mendorong terjadinya pembakaran kalori tubuh. Selain itu, saat Anda mengikuti kelas yoga, instruktur biasanya akan memberikan jenis-jenis makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan yoga.

9. Meningkatkan Kerja Jantung

Dengan melakukan yoga secara teratur, Anda akan terlatih mengatur pernapasan. Gerakan yoga yang menstimulasi otot tubuh dan persendian untuk mencapai hasil terbaiknya telah terbukti mampu meningkatkan kerja jantung, meningkatkan stamina, dan asupan oksigen. Kesemuannya itu dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

10. Menurunkan Kadar Gula Darah

Melakukan yoga secara rutin akan membantu Anda mengontrol tekanan gula darah di dalam tubuh. Gerakan-gerakan yoga memberikan kontribusi dalam menurunkan hormon adrenalin serta kadar kartisol.

Tertarik Memulai Yoga?

Sedemikian manfaat yoga untuk kesehatan tubuh,  Anda mungkin mulai bisa mempertimbangkan untuk segera mengikuti kelas yoga di daerah Anda. Memang awalnya tidak akan mudah karena Anda akan dilatih untuk memandang dan/atau melakukan sesuatu dengan pola pikir yang baru. Namun demikian, dengan ketekunan Anda melakukannya, Anda akan merasakan sendiri manfaatnya.

Selamat Mencoba!

Referensi:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *