6 Tips Cara Hidup Sehat

Di tengah pandemi virus COVID-19 yang sudah hampir satu tahun lebih, menerapkan cara hidup sehat sudah semestinya menjadi prioritas kita bersama. Dalam tubuh yang sehat terdapat imunitas yang kuat, sehingga mampu membantu menghadang virus masuk ke tubuh kita. Biasanya, penyakit akan mudah datang ketika tubuh sedang dalam kondisi lemah. 

Penerapan hidup sehat memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya Anda bisa lebih percaya diri, fokus, dan konsentrasi. Hidupmu juga lebih seimbang dan merasa tentram serta nyaman. Hidup sehat dan bahagia merupakan kunci panjang umur. 

6 Cara Hidup Sehat Yang Perlu Anda Tahu

Cara hidup sehat cukup mudah. Memang, Anda harus melakukan kebiasaan baru tersebut secara konsisten. Simak cara hidup sehat sederhana di bawah ini : 

Menjaga Makan

Cobalah makan sayuran berwarna hijau gelap, karena sayuran tersebut rendah kalori serta kaya nutrisi dan serat. Sedangkan untuk konsumsi buah, Anda bisa makan buah kesukaan Anda. Jangan lupa juga makan secara teratur, yaitu makan 3 kali sehari! Lebih baik lagi, jika Anda mengonsumsi makanan organik. 

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan mengurangi konsumsi minuman manis, karena minuman manis tidak mengandung nutrisi penting. Malah, mengandung banyak gula yang akan meningkatkan risiko terserang diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker. Belum lagi, asam yang terkandung akan merusak gigi. Kalau Anda masih ingin memakan gula, coba gantikan dengan konsumsi buah segar. 

Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang makan dari mangkuk saji besar mengonsumsi 56 persen (142 kalori) lebih banyak makanan daripada orang yang makan dari mangkuk kecil. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang secara konsisten makan lebih banyak makanan jika ditawari porsi dan piring yang besar. 

Ilusi makan dengan piring kecil akan membantu kita makan secara , karena merasa lebih puas mengonsumsi makanan tersebut. Tetap ingat apapun yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. 

Apabila Anda mengolah bahan makananmu, usahakan mengolahnya dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis. 

Usahakan sarapan di pagi hari dengan makanan yang sehat dan bergizi. Sarapan membuat Anda berenergi dan siap memulai aktivitas di pagi hari. Hindari juga makanan yang bisa menimbulkan penyakit, misalnya jajan di pinggir jalan yang kotor, serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung MSG. 

Selain makan banyak sayuran, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih harian yaitu delapan gelas per hari. Minum air putih dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan melancarkan metabolisme. Cara hidup sehat mudah diterapkan, bukan?

Hindari Stres untuk memiliki cara hidup sehat

Cara hidup sehat  yang kedua melibatkan kesehatan mental. Stres berlebihan akan meningkatkan kadar kortisol dan merusak sistem metabolisme tubuh. Studi juga menunjukkan bahwa stres merupakan kontributor yang berpengaruh menimbulkan depresi. Saat Anda stres, tubuhmu juga akan memberikan sinyal buruk. 

Stres dapat diminimalisir dengan melakukan olahraga, berjalan santai di alam, hingga meditasi. Jauhkan dirimu dari pikiran negatif yang akan memicu masalah. Jika Anda merasa tertekan, Anda bisa menenangkan dirimu dengan mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya. 

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti journaling, membaca, mendengarkan musik, atau bermain dengan hewan kesayangan. 

Jangan lupa tertawa! Tertawa memang membuat Anda awet muda, karena tubuh membakar kalori tanpa disadari. Tertawa juga menyehatkan jantung, lho!

Pilihlah lingkungan sosial yang mendukung cara hidup sehat, dengan begitu Anda akan menjadi sehat dan positif. 

Istirahat Cukup untuk Memiliki Cara Hidup Sehat

Tidur menjadi sangat penting, karena tidak hanya mengistirahatkan badan saja tapi juga berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya tidur cukup saja, tapi juga diperlukan tidur yang berkualitas. Umumnya, untuk orang dewasa disarankan tidur tujuh hingga sembilan jam. 

Kurang tidur dapat memicu terserang banyak penyakit berbahaya. Jangan begadang jika tidak diperlukan, karena begadang akan mengganggu kegiatanmu di siang hari. Tidur merupakan kebutuhan paling mendasar dalam pola hidup sehat dan mempengaruhi selera makan, suasana hati, serta berat badan. 

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya. Beberapa caranya yaitu, tidak minum kopi di sore hari, membuat jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama, serta tidur dalam keadaan gelap. 

Cara Hidup Sehat dengan Olahraga

Olahraga termasuk dalam cara hidup sehat. Olahraga dapat memaksimalkan fungsi tubuh, otak, dan hormon. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis. Dengan olahraga, Anda bisa membakar kalori sehingga kombinasi yang pas dengan diet. 

Tenang saja, Anda tidak perlu pergi ke gym apalagi membeli peralatan olahraga yang mahal. Anda cukup mempergunakan internet untuk menonton video latihan olahraga ringan yang mudah. Eits, jangan hanya ditonton saja,  tapi juga dipraktikkan ya! Olahraga hanya butuh konsistensi. 

Ketika olahraga, Anda juga bisa berolahraga di luar rumah agar mendapatkan sinar matahari sebagai sumber vitamin D alami. Anda juga bisa lari, jalan, atau bersepeda pagi di sekitar lingkungan rumah. 

Saat Anda aktif bergerak, tubuh akan berusaha membakar kalori yang mengendap di tubuh. Selain itu, dengan berolahraga dapat membantu mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh. 

Jika Anda tidak sempat berolahraga, pastikan Anda tetap melakukan aktivitas fisik ya!

Hindari Konsumsi Makanan atau Minuman yang Membahayakan Tubuh

Cara hidup sehat kali ini cukup simpel namun sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Hindari konsumsi rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang. Dalam jangka panjang, ketiganya dapat merusak organ tubuh secara perlahan. Hal tersebut memang tidak gampang dihentikan apalagi jika sudah kecanduan. 

Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dapatkan udara bersih dan segar di pagi hari untuk membantu memulai harimu. Jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan. 

Konsumsi air mineral

Cara hidup sehat kali ini pasti sudah tidak asing, namun masih banyak orang yang belum cukup memenuhinya. Semua organisme hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Air tidak hanya mendukung fungsi fisik yang penting, tetapi juga menyediakan nutrisi penting yang tidak diproduksi oleh tubuh sendiri. Air mineral yang kaya magnesium dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi skala kecil tahun 2004 yang melibatkan 70 orang dewasa dengan hipertensi borderline dan kadar magnesium rendah menemukan bahwa minum 1 liter air mineral per hari menurunkan tekanan darah mereka.

Air mineral mungkin mengandung banyak kalsium, magnesium, dan kalium, yang semuanya meningkatkan sirkulasi darah. Kalsium diperlukan untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Ini juga mengatur laju dan ritme detak jantung.

Apakah Anda Sudah Siap Untuk Menerapakan Cara Hidup Sehat?

Keenam cara hidup sehat itu bisa Anda terapkan di rumah untuk keluarga dan anak-anak. Jangan sampai menyesal dan harus berobat karena lalai tidak menjalankan hidup sehat yang baik dan benar. 

Jangan lupa untuk selalu memotivasi satu sama lain. Karena menjaga gaya hidup sehat yang ideal akan semakin mudah terwujud jika ada motivasi dalam keluarga. Motivasi bisa berupa, berolahraga bersama, melakukan sarapan bersama, atau saling mengingatkan satu sama lain dalam menjalankan program cara  gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat ala orang jepang juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang masih bingung mau memilih kegiatan sehat apa untuk sehari-hari.

Bagaimana dengan tips cara hidup sehat yang kami bagikan? Apakah Anda sudah melakukannya? Atau, apakah Anda memiliki tips lainnya? Anda dapat membagikan pengalaman Anda dengan menulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *