Cara Sehat Makan Fast Food!

Makin ke sini kita dapat melihat betapa banyaknya orang-orang sibuk dengan berbagai aktivitas yang seperti tidak ada hentinya. Bahkan beberapa diantaranya sampai tidak memiliki waktu yang proper untuk makan, apalagi mempersiapkan makanannya. Cara sehat makan fast food pun muncul seakan sebagai suatu solusi atas keterbatasan waktu yang ada. Konsep dari makanan yang dapat disantap dengan cepat, menarik bukan? Bahkan kalau makanan tersebut bersifat junk food, justru bisa langsung dikonsumsi tanpa harus menunggu proses pematangan. Lho berarti fast food dan junk food berbeda? Benar sekali! Selama ini terdapat banyak pemahaman yang salah mengenai fast food dan junk food. 

Cara Sehat Makan Fast Food
sumber: the jakarta post

Tunggu sebentar.. Apa Beda Fast Food dan Junk Food?

Banyak orang mengira bahwa fast food dan junk food merupakan hal yang sama. Walaupun kedua jenis makanan ini cenderung tidak sehat bagi tubuh, ada baiknya jika kamu segera meninggalkan junk food. Junk food dan fast food memang terkenal akan kurangnya kandungan gizi yang baik untuk tubuh saat dikonsumsi. Bahkan tidak sedikit yang menganggap kedua jenis makanan ini mampu menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. Namun demikian, ternyata junk food dan fast food memiliki  kandungan yang berbeda. 

Makanan Cepat Saji Yang Sehat
sumber: the independent

Junk food merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi cenderung rendah dengan gizi yang sangat sedikit serta kadar lemak yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan manusia. Sementara fast food merupakan jenis makanan yang disajikan dan dibuat dengan proses yang cepat kemudian dikemas ke dalam sebuah bentuk paket agar bisa dibawa. Fast food sendiri memiliki gizi-gizi yang diperlukan oleh tubuh walau dalam kadar yang sedikit, tetapi biasanya kaya akan karbohidrat sebagai tenaga untuk aktivitas sehari-hari. 

Junk food yang berarti makanan sampah, disebut demikian karena kandungan gizinya rendah dan sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh. Jenis makanan yang satu ini disajikan dalam kemasan tertutup yang kedap udara dan biasanya sudah diawetkan terlebih dahulu. Berbeda dengan fast food disajikan dalam kemasan terbuka sehingga harus segera dimakan agar kualitasnya tetap baik saat dikonsumsi. Salah satu perbedaan mencolok lainnya adalah junk food biasanya dikemas dalam keadaan matang sehingga bisa langsung dikonsumsi sementara fast food perlu dimasak dahulu sebelum dimakan.

Lebih Baik Junk Food atau Fast Food?

Contoh dari junk food sendiri, seperti permen, minuman bersoda, keripik kentang, atau makanan ringan lainnya. Tidak lupa es krim atau cake beku yang mengandung mentega tinggi dan kadar gula tinggi sehingga dapat menyebabkan obesitas. Sementara contoh jenis makanan fast food adalah sayur pecel, sandwich, sushi, kebab, salad buah, ayam goreng tepung, kentang goreng, pizza, hamburger, dan masih banyak lagi. Walau terlihat lebih baik daripada junk food, makanan siap saji alias fast food jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, hingga kanker. Wah jadi harus bagaimana yah jika sedang craving for fast food? 

Berikut Cara Sehat Makan Fast Food!

Pastikan Memilih Bahan Berkualitas!

Sudah terlanjur dikejar-kejar waktu jadi main asal pilih makanan yang penting cepat? Lebih baik hentikan kebiasaan ini. Walau makanan fast food hadir sebagai pemersingkat waktu menunggu makanan diolah, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sedikit untuk memastikan kualitas makanan yang kamu pilih. Usahakan untuk memilih menu dengan bahan-bahan yang sehat nan segar seperti aneka buah dan sayur. Ini adalah salah satu cara sehat makan fast food yang bisa diterapkan.

Salad Cepat Saji
sumber: the mercury news

Ada banyak kok makanan cepat saji alias fast food yang lumayan baik untuk dikonsumsi. Walau tidak bisa menikmati makanan yang benar-benar sehat, Anda tetap bisa menemukan pilihan fast food yang masih mampu memberikan beberapa nutrisi untuk tubuh. Salah satu contoh cara sehat makan fast food adalah pilih menu makanan cepat saji yang nikmat dan mengenyangkan seperti salad.

Hidangan yang satu ini umumnya terdiri dari aneka sayuran segar atau buah-buahan segar. Namun tidak perlu khawatir mengonsumsi hidangan yang terlihat boring karena saat ini terdapat banyak variasi salad. Perkembangan zaman membuat Salad menjadi lebih kreatif dengan penambahan aneka bahan lain untuk membuat rasanya semakin nikmat. Salad mengandung banyak serat alami serta vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Fast food yang sehat? Salad bisa jadi jawabannya nih! Salad juga dapat melancarkan pencernaan lho!

Cara Sehat Makan Fast Food Adalah Cari Substitusi!

Walau fast food, seperti hamburger dan pizza, terlihat berbahaya karena mengandung kalori yang cukup tinggi, Anda bisa mengakalinya dengan mencari substitusinya. Ini merupakan salah satu cara sehat makan fast food. Anda bisa memilih menu roti berbahan dasar gandum daripada roti putih karena lebih kaya akan serat, hal ini dapat anda terapkan ketika memilih hidangan hamburger. 

Pizza Vegetarian
sumber: livekindly

Bagaimana cara sehat makan fast food yang mengandung mayonaise atau saus pada salad? Coba ganti topping krim salad dengan yoghurt plain. Yoghurt mampu meminimalisir jumlah kalori yang Anda konsumsi dibandingkan dengan saus lainnya.  Krim yoghurt juga tentu lebih sehat karena tinggi probiotik alias bakteri baik sehingga ikut membantu melancarkan pencernaan. 

Kalau cara sehat makan fast food seperti pizza, apakah ada? Makanan cepat saji yang satu ini terkenal nikmat dan bikin nagih karena cita rasa yang dimiliki. Anda tetap bisa mengonsumsi pizza sebagai menu makanan cepat saji yang sehat dengan mengganti toppingnya. Topping pizza biasanya berupa komponen-komponen berkalori tinggi seperti keju dan daging. Ganti topping pizza agar lebih menyehatkan dengan menggunakan jamur, jagung, paprika dan sayur-sayur menyehatkan lainnya. Dengan menyantap pizza ala vegetarian, dijamin kandungan gizi dari fast food yang satu ini akan membuat lapar hilang dalam sekejap. Pizza dengan topping sayuran juga mampu memberi tubuh banyak nutrisi serta vitamin, seperti A, E, serta C.

Makanan Cepat Saji Yang Sehat
sumber: ibx events

Itulah beberapa cara sehat makan fast food! Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dalam membedakan mana junk food dan mana fast food. Jangan lupa untuk mulai memilih bahan yang berkualitas serta cari substitusinya saat mau mengkonsumsi fast food. Selamat menikmati cara sehat makan fast food dalam batasan wajar tanpa perlu takut terserang penyakit-penyakit yang berbahaya bagi tubuh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *