3 Destinasi Wisata Alam di Solo Untuk Kesehatan Mental!

Ditengah pandemi COVID-19, rasanya menjaga kesehatan sangatlah penting. Selain kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan mental juga sangat perlu untuk dijaga dengan baik. Apakah Anda tahu bahwa kegiatan wisata alam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan mental? Ayo coba cek beberapa destinasi wisata alam di Solo!

Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengunjungi tempat wisata alam ketika ingin menemukan healing. Ternyata alasan orang-orang memilih wisata alam sebagai hiburan atau destinasi liburan adalah untuk menghilangkan stress. Segala kepenatan akan rutinitas sehari-hari rasanya hilang sejenak saat menikmati keindahan alam. Panorama gunung yang hijau maupun suara deburan ombak yang menenangkan mampu menghapus segala perasaan stress yang tertimbun. Anda tentu pernah mengalami berbagai perasaan campur aduk yang berbeda di waktu-waktu tertentu. Rasanya mood menjadi tidak terkendali dan membuat Anda tidak dapat melakukan kegiatan yang biasa dilakukan dengan baik dan benar. Atau sesimple ketika Anda merasa jenuh dan bosan, rasanya hal-hal lain jadi kurang semangat untuk dikerjakan. 

Destinasi WIsata Alam di Solo Untuk Kesehatan Mental
sumber: tourism whistler

Salah satu cara ampuh dalam memperbaiki mood adalah dengan melakukan healing lewat wisata alam. Menikmati alam akan mampu menaikan mood Anda secara otomatis. Solo merupakan salah satu kota di Indonesia, tepatnya provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata di Solo sangatlah beragam, salah satunya adalah wisata alam. Ini dia 3 Destinasi Wisata Alam di Solo Untuk Kesehatan Mental!

Taman Balekambang Solo

Solo juga memiliki paru-paru kota, yaitu Taman Balekambang. Di tengah kota Solo, Anda masih bisa menemukan wisata alam yang sejuk nan hijau berupa taman kota. Destinasi wisata alam seluas 9,8 hektar ini sudah berdiri sejak tahun 1921. Kanjeng  Gusti Pangeran Adipati Aria (KGPAA) Mangkunegara VII mendirikan taman ini untuk kedua putrinya, Partini dan Partinah. Dibangun sebagai tanda cinta, awalnya taman yang terbagi dua ini diberi nama sesuai dengan nama kedua putrinya. Ada Partinah Bosch yang merupakan kawasan hutan kota, dan Partini Tuin, yang merupakan kawasan kolam air. Pada kawasan Partina Bosch, Anda dapat mengobservasi beberapa jenis tumbuhan langka. Mulai dari kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel coklat, terdapat beragam jenis tumbuhan yang menambah keindahan taman kota ini. Sementara pada kawasan Partini Tuin, Anda dapat menikmati wisata air seperti berkeliling dengan perahu. 

Taman Balekambang Solo
sumber: travelspromo

Terdapat juga daya tarik wisata lainnya seperti Taman Reptil. Anda dapat menikmati berbagai jenis satwa disana. Mulai dari ikan-ikan kecil di kolam, beberapa iguana besar sepanjang 1 meter, monyet-monyet, unggas seperti burung kiwi, burung kakaktua dan masih banyak lagi. Ada juga bebek, angsa dan ayam kampung. Terdapat juga banyak rusa serta kelinci yang dibiarkan berkeliaran dengan bebas. Tidak lupa area ular dengan koleksi yang bermacam-macam. Selain merasakan healing di bawah rimbunan pohon, rumput hijau, dan udara yang masih segar, Anda juga akan mendapatkan edukasi seputar fauna.

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I

TAHURA atau Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I juga merupakan salah satu destinasi wisata alam kebanggaan di kota Solo. Selain untuk healing, kawasan ini juga difungsikan sebagai area pendidikan, pariwisata, serta tentunya rekreasi. Anda bisa menikmati taman bunga, sumber mata air, berbagai spesies fauna, hingga keberadaan Candi Sukuh yang eksotik. Tepatnya berada di kabupaten Karanganyar, lokasi Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I ada di bawah kaki Gunung Lawu. Pepohonan yang menjulang tinggi dengan hawa dingin yang menyejukkan akan sangat membantu Anda dalam meredakan stress. Anda juga dapat menikmati daya tarik alam seperti Air Terjun Parang Ijo, Taman Bougenville, Goa Angin dan Goa Jepang serta sumber mata air Sendang Radja yang jernih. 

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I
sumber: perpusda jawa tengah

Tidak lupa beberapa fasilitas wisata yang tersedia seperti jembatan merah centong, jalan gicok untuk trekking. Ada juga Situs Cemara Bulus yang merupakan sebuah arca kura-kura. Arca yang erat kaitannya dengan situs purbakala ini konon dipercaya sebagai portal gaib menuju ke puncak Gunung Lawu. Tidak lupa berbagai jenis flora vegetasi endemik dan fauna yang menarik dan akan menambah keindahan liburanmu. Ada kandang rusa juga lho! Tersedia area lahan bumi perkemahan dan pendopo yang dapat Anda manfaatkan. Di bagian bawah Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagaro I ada sebuah taman yang dilengkapi dengan kanopi. Mata Anda akan dimanjakan dengan tumbuhan-tumbuhan hijau sembari bersantai bersama orang-orang terdekat.

Geopark Batu Seribu: Destinasi Wisata Alam di Solo Yang Recommended!

Salah satu destinasi wisata alam di Solo yang menarik yang tak boleh kamu lewatkan adalah Geopark   Batu Seribu. Nama batu seribu sendiri diambil dari kenyataan kawasan ini yang dahulu merupakan perbukitan batu cadas. Di Geopark Batu Seribu, terdapat salah satu daya tarik utama bernama Sumber Pacinan. Sumber air ini konon tidak pernah kering walau musim kemarau tiba. Selain mata air Sumber Pacinan, terdapat juga wisata air seperti pemandian mata air dan kolam renang. Ada juga panggung kesenian yang dapat kamu nikmati. Panorama alam disekitar terpadu dengan udara sejuk, kawasan Geopark Batu Seribu tentu akan mampu menghapus segala stress serta membuat kunjungan Anda semakin tak terlupakan. Warna hijau pemandangan akan sangat memanjakan mata dan memaksimalkan healing.

Geopark Batu Seribu Solo
ngadem.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *