Destinasi Wisata Alam di Surabaya Untuk Meningkatkan Kesehatan

Mungkin kesehatan dapat dikatakan sebagai salah satu hal paling berharga yang tidak bisa ditukar dengan uang. Walau tidak menutup kemungkinan bahwa kesembuhan dapat terjadi dengan melakukan perawatan intensif didukung bantuan medis dan obat-obatan, banyak juga penyakit yang masih belum ditemukan obatnya. Maka dari itu, tidak ada yang lebih indah dari sedia payung sebelum hujan. Lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati, bukan? Salah satu bentuk menjaga kesehatan yang dapat kita lakukan dengan menyenangkan, adalah traveling ke destinasi wisata alam. Kegiatan yang satu ini biasanya dilakukan dengan harapan mencari hiburan atau hal-hal baru yang menarik untuk dinikmati. 

Destinasi Wisata Alam di Surabaya
sumber: bored panda

Ada banyak destinasi-destinasi menarik yang cocok untuk kegiatan traveling, tapi kalau bicara soal kesehatan, mungkin wisata alam merupakan kandidat utamanya. Kegiatan berwisata di objek wisata alam biasanya mampu memberikan healing tersendiri bagi wisatawan. Selain kesehatan jasmani yang seperti diperbaharui karena menghirup udara segar, kesehatan rohani dan mental juga akan terservice dengan baik. Ada banyak orang yang akhirnya memilih untuk mengunjungi tempat wisata alam ketika ingin menemukan healing atau berhenti sejenak dari kepenatan hidup sehari-hari. Dengan harapan menghilangkan stres akan rutinitas yang seperti tiada akhir, rasanya menyatu sejenak bersama keindahan alam merupakan solusi yang tepat. Memanjakan mata dengan panorama gunung yang hijau maupun telinga dengan suara deburan ombak rasanya menarik untuk dinikmati. 

Geopark Batu Seribu Solo
ngadem.com

Kalau mencari wisata alam yang mampu memberikan healing, sepertinya tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang mampu menaikkan mood Anda, salah satu daerah di Indonesia yang memiliki destinasi wisata seperti ini adalah Surabaya. Menjelajahi kekayaan alam lewat traveling ternyata tidak kalah nikmat dengan ngopi pada café-café di Surabaya. Kota Pahlawan ini ternyata memiliki kekayaan alam yang tidak kalah luar biasa dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Ayo segera pilih Destinasi Wisata Alam di Surabaya Untuk Meningkatkan Kesehatan. 

Destinasi Wisata Alam Bukit Kapur Sekapuk Setigi

Rasanya selama ini jarang ada tempat wisata di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang menawarkan konsep perpaduan keindahan alam dengan bangunan wisata. Hasilnya? Destinasi wisata alam di Surabaya yang instagramable! Keindahan Bukit Kapur Sekapuk Setigi sepertinya mampu memberikan healing bagi Anda yang perlu rehat sejenak dari kepenatan Ibukota. Setigi berasal dari singkatan Selo yang berarti batu, Tirto yang berarti air, dan Giri yang berarti bukit. Ketika berkunjung ke destinasi wisata alam di Surabaya yang satu ini, mata akan dimanjakan dengan keindahan barisan bukit kapur masif dan panjang. Bukit-bukit kapur berbatu warna putih ini menjulang hingga sekitar 3 km. 

Bukit Kapur Sekapuk Setigi
sumber: instagram (@phayphangky)

Dahulu merupakan bekas lokasi tambang, terdapat banyak sudut-sudut batu yang terpotong secara tidak alami namun justru terlihat apik. Bahkan terdapat beberapa batu raksasa yang berongga dan bisa dimasuki pengunjung. Wah, rasanya keindahan Bukit Kapur Sekapuk Setigi ini memiliki vibes kastil-kastil Yunani. Masih di kawasan satu lingkup kompleks yang sama, terdapat tempat penambangan batu kapur yang masih aktif. Keindahan Banyak Bukit Kapur Sekapuk Setigi bukan hanya sekedar memberikan manfaat kesehatan bagi pengunjung, tetapi juga manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal yaitu sebagai lapangan pekerjaan. Ada banyak warga desa setempat yang bekerja di penambangan kapur ini.

Bukit Kapur Sekapuk Setigi Destinasi Wisata Alam
sumber: instagram (@khanifatus_sadiyah)

Destinasi wisata alam di Surabaya yang satu ini juga dulunya hanya merupakan tempat warga membuang sampah dari 2003 hingga 2017. Namun pada tahun 2018, pemerintah setempat secara swadaya mulai bekerja sama dengan warga Desa Sekapuk untuk membersihkan sampah karena potensi wisata yang dimiliki Banyak Bukit Kapur Sekapuk Setigi. Selain daya tarik barisan bukit kapur, destinasi wisata alam di Surabaya yang satu ini juga memiliki beberapa daya tarik lain yang tidak kalah menarik. Terdapat beragam atraksi wisata lainnya, seperti Goa Pancawarna, Jembatan Peradaban, Goa Emas, Kolam Renang, Taman Desa, Rumah Honai Papua, dan Miniatur Candi.

Taman Wisata Ekowisata Mangrove Wonorejo

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata alam di Surabaya yang satu ini memiliki daya tarik berupa panorama keindahan hutan mangrove. Hamparan hutan mangrove yang estetik membuat menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain menjelajahi keindahan alam, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti nongki cantik di pendopo, menikmati kolam pancing, jogging track, kantin, hingga toko oleh-oleh.

Hutan Mangrove Wonorejo Destinasi Wisata Alam
sumber: travelingyuk

Tidak lupa perahu yang disewakan untuk menjelajahi Taman Wisata Ekowisata Mangrove Wonorejo. Kegiatan menyusuri sungai yang akan bermuara ke Selat Madura akan membuat acara traveling semakin berkesan. Anda juga dapat belajar menanam mangrove di pinggir pantai dan berpartisipasi menyelamatkan lingkungan diiringi kicauan merdu burung-burung khas endemik Jawa Timur.

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Surabaya untuk kesehatan. Kira-kira destinasi traveling mana yang menarik menurut Anda? Atau ternyata Anda memiliki rekomendasi destinasi wisata alam di Surabaya lainnya yang tidak kalah menarik? Segera tulis di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *